You are here
Home > Press Release > Danrem 174/ATW Beri Kuliah Umum Di Stit Tentang Wawasan Kebangsaan

Danrem 174/ATW Beri Kuliah Umum Di Stit Tentang Wawasan Kebangsaan

Pendam (26/04). Danrem 174/ATW Brigjen TNI Supartodi, SE.Msi. memberi kuliah umum kepada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Yamra Merauke tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda pada Sabtu 25 April 2015 bertempat di Kampus STIT Merauke. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya wawasan kebangsaan yang meliputi Empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, yang akhir-akhir ini sudah mulai luntur dan pudar.

Berbagai kalangan melihat perkembangan Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Bahkan kekuatiran itu semakin menjadi nyata ketika menjelajah pada apa yang dialami oleh setiap warga negara, yakni memudarnya wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air. Dan yang lebih menyedihkan lagi bilamana masyarakat kita kehilangan wawasan tentang makna hakekat bangsa dan kebangsaan sebagai penggerak wawasan, sehingga akan mendorong terjadinya perpecahan. Pandangan diatas sungguh wajar dan tidak mengada-ada. Krisis yang di alami oleh Indonesia ini menjadi sangat multidimensional yang saling mengait. Minimnya pemahaman dan ketidakpedulian masyarakat Indonesia tentang Empat Pilar utama kehidupan berbangsa dan bernegara terkhusus NKRI dan Bhineka Tunggal Ika berdampak pudarnya akan kesadaran masyarakat sebagai bangsa Indonesia. Tidak berhenti disitu saja masih banyak lagi permasalahan lain yang menyebabkan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap Pemimpin Negara.

Baca juga :  Kodam XVII/Cenderawasih Siap Amankan Kunjungan Presiden Ke Papua

Selain itu sistim politik dan ekonomi juga semakin melemah, sehingga berdampak buruk terhadap kesejahteraan masyarakat. Masyarakat tidak lagi memperdulikan kondisi bangsa, karena perhatianya sudah terfokus pada masalah ekonomi dan kebutuhan yang semakin sulit. Oleh karena itu untuk mengatasi berbagai permasalahan kebangsaan yang terjadi saat ini maka wawasan kebangsaan perlu direvitalisasi atau pengutamaan kembali, karena hal ini sangatlah urgen, jika hal ini tidak segera dilakukan maka NKRI akan terancam punah dan cita-cita melestarikan kehidupan berbangsa dan bernegara untuk menggerakan rakyat Indonesia kearah kemerdekaan yang sebenarnya di NKRI hanya tinggal kenangan.

Autentikasi : TPR

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top