You are here
Home > Tulisan > Umum > Mengetahui cara kerja CRANE

Mengetahui cara kerja CRANE

CRANE adalah alat berat (Heavy Equipment) yang berfungsi pada umumnya sebagai alat bantu untuk memindahkan suatu barang dari suatu tempat ke tempat lain. Barang yang tidak dapat dipindahkan dengan tenaga manusia kemudian dibantu dengan menggunakan tenaga mesin untuk memindahkan barang tersebut.

Crane dapat dibagi dalam tiga macam bentuk. Pertama, yaitu crane yang sudah menyatu dengan mobil (mobile crane) sehingga dapat berpindah dengan mudah kemana saja ke tempat yang membutuhkan alat tersebut. Kedua, crane yang bersifat bongkar pasang. Crane ini biasanya berukuran cukup besar. Crane terdiri dari beberapa bagian yang dijadikan menjadi satu. Ketiga, crane yang dipasang paten disuatu tempat dan tidak berpindah-pindah. Crane tipe ini biasa dipasang di gudang, bengkel, dan tempat lain yang membutuhkan alat bantu untuk memindahkan benda/barang yang berat.

Di bawah ini terdapat macam-macam jenis dan bentuk crane yang ada. Diantaranya:

Tower crane.

Tower crane terdiri dari beberapa bagian yang dapat dibongkar pasang ketika digunakan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Tower crane biasanya diangkut secara terpisah  menggunakan kendaraan (trailer) ke tempat proyek kemudian dipasang kembali di tempat proyek.

Mobile Crane (Truck Crane).

Crane yang terdapat langsung pada mobil (Truck) sehingga dapat dibawa langsung pada pada lokasi yang membutuhkan tanpa harus menggunakan kendaraan pengangkut (trailer). Sebelum digunakan biasanya mobil crane ini  mengeluarkan kaki-kaki terlebih dahulu sebagai penyeimbang. Kaki-kaki berupa mesin hidrolik yang menekan ketanah agar mobil imbang dan tidak goyah saat crane digunakan.

Crawler crane.

Crawler crane merupakan crane yang bisa digunakan pada lokasi sulit yang tidak dapat dijangkau kendaraan biasa. Keistimewaan crane ini memiliki roda-roda rantai (crawler) yang dapat bergerak ketika berpindah tempat dengan jarak dekat. Apabila perpindahan dengan jarak yang cukup jauh maka crawler crane menggunakan truk pengangkut dengan melepas beberapa bagian crane terlebih dahulu.

Baca juga :  Tips menjaga kesetabilan saat lari

Hidrolik crane.

Crane yang biasa digunakan pada perbengkelan dan pergudangan dll, yang memiliki struktur sederhana. Crane ini biasanya diletakkan pada suatu titik dan tidak untuk dipindah-pindah dan dengan jangkauan tidak terlalu panjang serta putaran yang hanya 180 derajat. Sehingga biasanya pada suatu perbengkelan/pergudangan terdapat lebih dari satu crane.

Hoist crane.

Hoist crane adalah termasuk crane yang tidak berpindah tempat, biasanya terdapat pada pergudangan dan perbengkelan. Hoist crane ditempatkan pada langit-langit dan berjalan di atas rel khusus yang yang dipasangi pada langit-langit tersebut. Rel-rel tadi juga dapat bergerak secara maju-mundur pada satu arah.

Jib crane.

Crane yang terdiri dari perpaduan 2 jenis crane, yaitu hidraulik dan hoist. Crane ini dapat berputar 180 derajat dan bergerak maju dan mundur. Jib crane yang kecil biasanya digunakan pada perbengkelan dan pergudangan untuk memindahkan barang-barang yang relatif berat.

HIDROLIK CRANE
HIDROLIK CRANE
TOWER CRANE
TOWER CRANE
CRAWLER CRANE
CRAWLER CRANE
MOBILE CRANE
MOBILE CRANE
JIB CRANE
JIB CRANE
HOIST CRANE
HOIST CRANE
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top