You are here
Home > Sisi Lain > Persit KCK > Lomba Tari Yospan Warnai Peringatan HUT Ke-70 Persit Kartika Chandra Kirana

Lomba Tari Yospan Warnai Peringatan HUT Ke-70 Persit Kartika Chandra Kirana

Jayapura – Persit KCK PD XVII/Cenderawasih menggelar lomba Tari Yosim Pancar (Yospan) antar cabang dalam menyambut Hari Ulang Tahun Persit KCK ke-70, bertempat di Lapangan Tenis Makodam XVII/Cenderawasih, Jumat (11/03).

Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih yang diwakili oleh Wakil Ketua Ny. Herman Asaribab dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kecintaan Persit dalam menjaga dan melestarikan budaya asli daerah Papua sebagai salah satu aset kekayaan serta keanekaragaman budaya Nasional. Selain itu melalui lomba ini diharapkan kebersamaan serta kekompokan sebagai sesama anggota Persit KCK tetap terjalin dan terbina dengan baik. “Lomba Yospan dinilai dari kebersamaan, kerja sama yang baik oleh peserta. Ini lomba Yospan kreasi modern, ada perpaduan antara musik Yospan sendiri dengan tarian dari daerah lain, baik Jawa, Sunda maupun Bali,” kata Ny. Herman Asaribab.

Tari Yosim Pancar sendiri berasal dari dua tarian yang berbeda yakni, Yosim dan Pancar. Tari Yosim berasal dari Kabupaten Yapen, sedangkan tari Pancar sendiri berasal dari Kabupaten Biak Numfor tepatnya dari Pulau Numfor. Kedua tarian ini kemudian dipadukan oleh para seniman dan koreografi tari Papua menjadi satu tarian yang disebut tari Yospan. Tari Yospan dalam kehidupan Budaya Papua lebih identik dengan tarian bagi para muda/mudi. Tari ini dalam kalangan masyarakat biasa dilakukan pada saat pesta perkawinan, pembayaran mas kawin atau pesta adat lainnya.

Baca juga :  Pangdam XVII/Cenderawasih Pimpin Acara Pembukaan HUT Ke-70 Persit KCK dan HUT Ke-52 Dharma Pertiwi Tahun 2016

Terlepas dari semua itu, Ny. Herman Asaribab menambahkan, kebersamaan dan kekompakan yang harus ditanamkan, bukan pada lomba tari saja, melainkan aktifitas kehidupan sehari-hari perlu diterapkan. Dalam kegiatan tersebut peserta lomba Yospan tampak antusias dan penuh keakraban mengikuti irama lagu Yospan. Peserta dibuat terhibur dengan lantunan kolaborasi lagu daerah Papua ala reggae. Terakhir Lomba tari Yospan juara I dimenangkan oleh Persit KCK Cabang X Rindam, Juara II Persit KCK Cabang 1 Sinteldam dan juara III dimenangkan oleh Persit KCK Ranting BS II Denzipur. (Prd/Cen).

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top