You are here

4G

Saat ini untuk jaringan layanan berbasis layanan 3G sudah mulai beralih ke 4G. Demikian pula dengan berbagai jenis Smartphone keluaran terbaru sudah menyesuaikan diri dengan spesifikasi yang sudah mendukung/support untuk layanan 4G, juga dengan Kartu SIM Card-nya sudah menyesuaikan agar dapat mendukung sistem tersebut.

Apa dan asal mula 4G..?

Sinyal generasi ke-4 (4G) memiliki struktur jaringan akses yang lebih sederhana yang seluruhnya berbasis pada internet protocol (all-IP). Dengan berbasis pada IP, seluruh lalu lintas paket dalam jaringan akses dan jaringan backbone adalah seragam, tanpa perlu mengkonversikan satu protokol ke protokol lainnya sehingga dapat berjalan lebih cepat dari generasi sebelumnya. Contohnya seperti sinyal generasi ke-3 (3G) seperti WCDMA dan CDMA 2000 memiliki struktur jaringan yang kompleks dan perlu melibatkan banyak protokol untuk meng-cover seluruh sistemnya sehingga banyak proses yang harus dilalui data dulu sebelum data itu ter-upload ataupun ter-download.

4G bukanlah hal baru dan bukan sesuatu yang ditemukan, namun 4G disepakati sebagai suatu standar sinyal komunikasi yang dipakai di seluruh dunia. Sesuai penjelasan dari Doktor Khoirul Anwar yang pertama kali memperkenalkan sistem 4G, Doktor berusia 38 tahun yang bekerja sebagai asisten Profesor di School of Information, Science Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST). “Saya tidak menulis sebagai penemu 4G LTE karena 4G LTE sendiri seharusnya memang tidak ditemukan, melainkan disepakati. Forumlah yang menyepakati teknik tertentu untuk dipakai atau tidak dipakai dalam sebuah standard,” tulisnya dalam Blog.

Baca juga :  MENG-UNDO EMAIL YANG SUDAH TERKIRIM PADA AKUN GMAIL

Doktor Khoirul adalah orang Indonesia yang berkontribusi dalam pengembangan teknologi 4G LTE namun bukan secara keseluruhan. Pada tahun 2014 lalu memang beliau santer jadi pemberitaan sebagai orang Indonesia penemu teknologi Long Term Evolution (LTE) atau yang biasa disebut 4G atau teknologi 4G.

“Yang jelas saya bilang bahwa saya menemukan konsep dua FFT, dan ternyata 4G system di masa depan menggunakan konsep dua FFT juga,” tambah Khoirul seperti dikutip detik-INET. Jadi temuan konsep dua FFT yang dipakai dalam teknologi 4G LTE, sering diartikan secara umum oleh orang awam bahwa Khoirul Anwar sebagai ‘penemu’ 4G LTE.

FFT (Fast Fourier Transform adalah suatu algoritma untuk menghitung transformasi Fourier diskrit (Discrete Fourier Transform, DFT) dengan cepat dan efisien.

Transformasi Fourier Cepat diterapkan dalam beragam bidang, pengolahan sinyal digital, memecahkan persamaan diferensial parsial dan algoritma untuk mengalikan bilangan bulat besar.

Demikian penjelasan singkat tentang 4G dari rubrik pengetahuan umum website Kodam XVII/Cenderawasih. Kunjungi terus dan pastikan para sahabat tidak ketinggalan rubrik pengetahuan umum lainnya. (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top