You are here
Home > Pengetahuan > 70 Tahun Zeni Angkatan Darat

70 Tahun Zeni Angkatan Darat

Korps Zeni Angkatan Darat merupakan salah satu kecabangan di dalam TNI AD dan  mempunyai kemampuan untuk melaksanakan fungsi teknis militer Zeni, baik di daerah pertempuran maupun daerah pangkalan, sehingga Satuan Zeni AD dapat diklasifikasikan sebagai Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin).

“Zeni” sendiri berasal dari bahasa Belanda Genie yang berarti pandai/banyak akalnya. Pada awal berdirinya Kesatuan Zeni kata Genie masih dipergunakan, namun seiring dengan perubahan Ejaan Yang Disempurnakan kata Genie di-Indonesiakan menjadi “Zeni”. Kesatuan ini merupakan kesatuan standar militer di seluruh dunia karena perannya dalam pertempuran sejak zaman purba, karena pada intinya fungsi bantuan tempur Zeni adalah bersifat improvisasi, insidentil, dan menggunakan standar teknik yang khusus dikualifikasikan pada Satuan Zeni. Zeni Tempur sendiri secara umum baik di luar negri maupun di Indonesia mempunyai fungsi sebagai pasukan Bantuan Tempur terhadap Pasukan Manuver (Infanteri) berupa Bantuan Tempur Zeni (Banpurzi) dan Bantuan Administrasi Zeni (Banminzi).

Tepat hari ini tanggal 15 Oktober merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Zeni ke 70 Tahun. Peringatan HUT ke-70 Korps Zeni TNI Angkatan Darat tahun 2015 ini mengangkat tema “Dengan Semangat Yudha Karya Satya Dhakti, Kita Mantapkan Disiplin, Loyalitas Dan Kehormatan Prajurit Zeni Untuk Mendukung Tugas Pokok TNI AD”. Tugas Pokok Korps Zeni AD adalah untuk membina dan menyelenggarakan fungsi Zeni, serta membina kesiapan operasional satuan Zeni terpusat dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas AD dan TNI.

Baca juga :  Fungsi Lain Tombol Keybord Pada Komputer/Laptop (Bagian II)

Korps Zeni juga banyak bertugas di Luar Negeri yang tergabung di dalam Pasukan Perdamaian PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian (Peace Keeping Force), pasukan zeni bertugas membangun atau memperbaiki fasiltas-fasilitas umum yang berada di medan tugas yang diberikan oleh UN (United Nation). Kegiatan Pasukan Zeni antara lain membangun jalan ataupun memperbaiki fasilitas-fasilitas umum yang telah rusak.

Untuk di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih memiliki empat Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) yaitu: Denzipur 10/Kesatria Yudha Dharma, Denzipur 11/Mit Anim, Denzipur 12/Oharo Hesowa Hubana dan Denzipur 13/Pawbili Pelle Alang.

Yudha Satya Karya Bhakti !!!!!!!!!!!!!!

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top