You are here
Home > Wisata Militer > Air Terjun Cyclop

Air Terjun Cyclop

Keunikan dan keindahan alam Provinsi Papua sudah tidak diragukan lagi. Keanekaragaman flora dan fauna yang ada di pulau paling ujung timur Indonesia ini sudah tidak asing lagi di mata dunia Internasional, namun demikian yang tidak kalah menakjubkan adalah keindahan-keindahan alamnya yang luar biasa. Salah satu keindahan alam tersebut adalah air terjun cyclop yang berada di kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kondisi alam kota Sentani yang berbukit-bukit dengan jajaran Pegunungan Cyclop memang menjadikan pemandangan yang indah di kota ini. Dengan keadaan alam yang bergunung dan berbukit, memang memungkinkan adanya aliran air terjun yang mengalir dari atas gunung maupun bukit-bukit ini. Salah satu di antaranya yaitu air terjun Cyclop yang di beri nama sesuai dengan nama gunung yang menjadi sumber mata air terjun tersebut.

Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun, kita harus menempuh jarak ± 25 km dari kota Jayapura menuju ke kota Sentani, atau bisa juga dari Bandara Sentani menuju ke kaki gunung Cyclop dengan melewati Komplek Sereh di Sentani yang hanya berjarak 7 km dari bandara. Perjalanan dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua (Ojek) maupun roda empat (Taxi). Sementara untuk tarif ojek dari bandara menuju kaki gunung cyclop, anda cukup membayar tarif sebesar Rp. 20.000 sekali jalan, atau anda bisa menyewa kendaraan roda empat (mobil rental) dengan tarif Rp.500.000/hari.

Jika sudah sampai di kaki gunung, perjalanan dapat  kita lanjutkan dengan berjalan kaki menuju arah ke arah air terjun yang berada di gunung cyclop. Selama berjalan kaki ± 2 km menuju ke Air terjun cycloop, kita akan dihadapkan dengan medan yang cukup menantang, dimana medan menanjak yang cukup tinggi, membuat kita untuk sedikit mendaki melewati kaki gunung, tentunya hal ini akan menguras cukup tenaga. Namun selama diperjalanan mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan hutan hijau dan pepohonan tinggi nan rimbun yang menyejukkan. Ketika mulai mendekati air terjun kita akan melewati kawasan perbukitan yang di penuhi dengan bebatuan besar yang indah dan aliran sungai bersih yang menimbulkan suara riuh gemuruh air yang memecah kesunyian, yang akan menemani anda selama di perjalanan. Tetapi tentunya kita harus tetap berhati-hati serta memperhatikan faktor keamanan, karena jalan yang akan kita lewati agak licin.

Baca juga :  Pantai Amai : Surga Tersembunyi di Tanah Papua

Setibanya di lokasi air terjun, rasa lelah selama di perjalanan anda akan hilang dan terbayarkan dengan suguhan keindahan air terjun yang masih terjaga kealamiannya, udara yang sejuk serta suara ricuh burung yang seolah-olah menyambut kedatangan anda dari balik pepohonan nan hijau ini. Selain itu salah satu keunikan dari air terjun ini, jika kita beruntung, kita dapat melihat secara langsung peristiwa alam berupa pelangi yang muncul di air terjun cyclops, dimana matahari yang masuk menuju ke titik air terjun ini, akan membuat cahaya yang masuk memunculkan warna warni indah dari pelangi.

Selain itu kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas, bagi anda yang ingin menikmati air terjun, anda dapat melakukannya dengan menikmati derasnya air terjun langsung atau bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Cyclop, anda dapat mengabadikannya dengan berfoto ria. (az/cen)

Suasana Air Terjun Cyclop
Suasana Air Terjun Cyclop

Leave a Reply

*

Top