You are here
Home > Wisata Militer > Air Terjun Kohoin – Sorong

Air Terjun Kohoin – Sorong

Bukan hal yang mengherankan apabila Papua dikata sebagai Pulau yang kaya akan wisata Alam. Hal tersebut, terlebih diistimewakan oleh keunggulan khasnya, bahwa semua wisata alam di Papua terkenal asri dan masih alami.

Begitu juga dengan wisata air terjun (Water Fall). Bukan hal yang mengherankan pula bila Papua yang kaya akan wisata alam tersebut, memiliki banyak wisata air terjun. Hal tersebut, sesuai denagn kondisi topografi alam Papua yang berbukit-bukit.

Kali ini, kita akan sedikit menelusuri wisata alam Papua di kota Sorong, bagian Selatan, tepatnya di Teminabuan. Kita akan bereselancar, menelusuri seputar wisata alam Air Terjun Kohoin kota Sorong.

Jika anda ingin berkunjung ke Air Terjun Kohoin, hal tersebut bukanlah hal yang sulit.  Secara geografis, air terjun Kohoin tersebut berada cukup tidak jauh dari Pusak Kota.

Secara administratif, air tejun tersebut terletak di Kampung B, Kecamatan Aifat Timur, Teminabuan, Sorong Selatan.

Air Terjun Kohoin merupakan salah satu sarana rekreasi masyarakat yang paling mudah untuk di jangkau. Selain karena letaknya yang berada di kawasan perkotaan, air terjun ini juga berada di belakang kawasan pasar. Jadi, jika anda selesai berbelanja, anda bisa refreshing sejenak di belakang Pasar Ampera tepatnya, sembari menikmati deru dan percikan dari Air Terjun Kohoin.

Air terjun ini merupakan muara dari Sungai Kohoin yang berhulu di kawasan perbukitan, sedangkan kawasan air terjun ini sudah merupakan aliran dari Sungai Kaibus yang juga menjadi muara dari beberapa aliran-aliran sungai lainnya.

Di sekitar air terjun ini bisa kita jumpai ibu-ibu yang sedang mencuci ataupun anak-anak yang sedang bermain air. Suasana alam yang masih alami dan ditumbuhi banyak pepohonan, bisa menjadi penyegaran bagi anda yang berkunjung ke air terjun ini.

Untuk ke sana, jika anda sudah berada di pusat Teminabuan, anda bisa menuju air terjun tersebut hanya dengan berjalan kaki menuju belakang Pasar Ampera yang merupakan pasar utama di kota ini.

Namun, jika anda tidak berada di dekat pusat kota Teminabuan, namun sudah ada di sekitar wilayah Sorong selatan, anda bisa menggunakkan angkutan umum seperti angkutan kota dengan jurusan pasar atau menggunakkan ojek yang memiliki ciri-ciri helm berwarna kuning untuk menuju ke sana, baru setelah itu berjalan kaki sedikit menuju ke air terjunnya.

Untuk biaya transportasipun, bisa dikata relatif murah. Untuk angkutan kota, ongkosnya biasanya hanya sekitar Rp 3.000*) per orang untuk sekali jalan. Sedangkan untuk ojek, tergantung jarak serta hasil tawar menawar anda dengan tukang ojek tersebut.

Baca juga :  Wisata Kuliner Khas Papua Yang Menggoda Selera

Demikianlah, cukup dekat, mudah dan murah untuk menuju ke sana. Namun, berbeda lagi bila anda berangkat dari pusat Kota Sorong. Waktu tempuh untuk menuju kawasan Teminabuan tergolong cukup jauh. Jika melalui jalan darat, anda harus menempuh waktu sekitar 4 jam perjalanan. Selain itu, dengan melalui jalan tersebut, jalanan yang akan dilaluipun cukup ekstrim, karena masih berupa tanah yang kadang berlumpur jika hujan turun.

Walaupun demikian, tidak perlu khawatir. Fasilitas kendaraan umum yang mengantar anda menuju Teminabuan sudah tersedia. Dari pusat kota Sorong Anda bisa menuju ke sana menggunakan angkutan yang berupa mobil pick-up sejenis Hilux dan Strada. Untuk ongkosnya, anda cukup membayar kurang lebih Rp 250.000*) per orang bila anda duduk di bagian dalam dan Rp. 150.000*) apabila anda ke bagian di luar atau di bak mobil. Menuju ke sana dengan transportasi tersebut, memang cukup menantang. Tapi, tentunya akan semakin seru dan berkesan.

Selain dengan jalur darat tersebut, anda juga bisa menempuhnya dengan transportasi laut. Namun, waktu tempuh yang diperlukan menjadi lebih lama, yakni sekitar 12 jam, tergantung kondisi gelombang laut.

Selain itu pula, selain dengan jalur darat dan laut, anda juga bisa menempuhnya melalui jalur udara. Cara ini, tentu lebih pasti lebih cepat, hanya saja, sayangnya penerbangannya hanya dua kali dalam seminggu, setiap hari Rabu dan Jum’at saja. Dengan cara ini, Anda bisa menggunakan pesawat perintis dari Bandara Domine Eduard Osok (DEO) menuju Bandara Teminabuan.

Demikianlah sedikit mengenai Air Terjun Kohoin, yang berlokasi di Kampung B, Kecamatan Aifat Timur, Teminabuan, Sorong Selatan. Airnya yang bersih dan suasana alamnya yang tampak hijau dan alami, menciptakan kolaborasi nuansa alam yang pas untuk berlibur dan menyegarkan pandangan.

Cukup banyak wisatawan dan pecinta fotografi berkunjung ke sana, untuk sekedar liburan hingga yang hoby mengoleksi foto keindahan alam. Untuk itu, kapan giliran anda ke sana ? Ayo jangan lewatkan untuk berwisata ke sana ya sobat !!! (Prd/Cen)

Air Terjun Kohoin – Sorong
Air Terjun Kohoin – Sorong
Air Terjun Kohoin – Sorong
Air Terjun Kohoin – Sorong
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top