You are here
Home > Dari Media Lain > Anggota Pramuka diharap Bisa Atasi Persoalan Bangsa

Anggota Pramuka diharap Bisa Atasi Persoalan Bangsa

Jayapura – Remaja dan Pemuda yang tergabung dalam organisasi kepramukaan harus juga memberi kontribusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan masyarakat, khususnya di daerah Papua yang menyimpan sejumlah persoalan seperti keamanan, persatuan dan nasionalisme. Pramuka juga diharapkan bisa menjadi pilar terdepan dalam menangkal kegiatan-kegiatan yang berdampak buruk terhadap masyarakat.

Demikian disampaikan Pangdam XVII/Cenderawasih, yang juga sebagai Ketua Pembina Saka Wira Kartika, Mayjen TNI. Drs. Christian Zebua M.M., sebagai Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Pramuka yang ke-53, 14 Agustus 2014 di Lapangan Makodam XVII/Cenderawasih, Kamis (14/8).

“Praja Muda Karana (Pramuka) harus menjadi garda terdepan untuk bisa menciptakan kehidupan aman, kondusif dan masyarakat juga tetap dalam kondisi nyaman. Pramuka harus resisten terhadap narkoba dan pergaulan bebas. Bahkan harus bisa menolak ajakan-ajakan yang menentang hukum, dan kegiatan-kegaiatan yang mempengaruhi perbedaan paham,” kata Pangdam di hadapan seluruh peserta upacara.

Bukan hanya itu, disebutkannya, bahwa pramuka juga harus ikut brbakti untuk membela negara dengan didasari sikap nasionalisme dan bangga atas negara Indonesia. Demikian pula peduli dan mau berkontribusi dalam membangun negaranya. Dengan sendirinya, kata Panglima, setelah pramuka merasa memiliki dan bangga, maka dia akan semakin waspada terhadap kegiatan yang merongrong bangsanya.

Baca juga :  Pembangunan Aula Kodim Sorong Hampir Rampung

Pangdam juga berharap agar peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka, dapat dijadikan sebagai momen untuk mengevaluasi diri apa yang sudah dilakukan maupun yang belum dilakukan, sehingga anggota pramuka yang ada di Papua dapat berkembang dengan baik dan tidak terjerumus oleh perkembangan zaman yang negatif.

“Pramuka juga harus bisa berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berbudi pekerti luhur, memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi. Jadi semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan pramuka harus bermuara pada pembangunan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu Pramuka harus bertekad selalu mengabdi dan dengan tulus dan pantang menyerah,” tegasnya. (Cenderawasih Pos)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top