You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > Anoa,, dari Indonesia Untuk Perdamaian Dunia

Anoa,, dari Indonesia Untuk Perdamaian Dunia

Salam Ksatria,,,

Indonesia merupakan salah satu negara yang tergabung dalam organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau NATO, Organisasi yang mempunyai misi untuk pemeliharaan perdamaian seluruh dunia. Selain berkontribusi dengan mengirimkan personil militer ke PBB, Indonesia juga berperan dalam pengiriman kendaraan panser untuk membantu PBB dalam tugas operasi perdamaian dunia. Salah satu panser yang sudah puluhan tahun membantu tugas tersebut adalah panser buatan PT.Pindad yaitu Panser Anoa.

Panser Anoa ini, dalam misi patroli dan pengawalan mampu memberikan perlindungan yang mumpuni karena mampu menahan peluru berkaliber 7,62mm dari jarak 30 m dengan kecepatan 930 m/s sesuai dengan standar NATO. Untuk pertahanan diri, Anoa dilengkapi dengan pelontar tabir asap 2×3,66 m dengan persenjataan seperti senapan 12,7 mm dan 7,62 mm, RCWS 7,62 mm, dan pelontar granat berkaliber 40 mm.

Panser Anoa telah berkontribusi memperkuat kontingen Indonesia atau yang biasa disebut Kontingen Garuda dalam misi Perdamaian PBB di berbagai negara. Hingga saat ini, personil TNI bertugas di beberapa misi pemeliharaan perdamaian PBB, yaitu UNIFIL (Lebanon), UNAMID (Darfur, Sudan), MINUSCA (Republik Afrika Tengah), MONUSCA (Republik Demokratik Kongo), MINUSMA (Mali), MINURSO (Sahara Barat), MINUSTAH (Haiti), UNMIL (Liberia), UNMISS (Sudan Selatan) dan UNISFA (Abyel, Sudan). Pencapaian ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi dalam melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial, yang merupakan salah satu tujuan bangsa Indonesia sesuai yang termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Terhitung sejak tahun 2009, Panser Anoa Pindad dipercaya mendukung pasukan Indonesia pada misi Perdamaian PBB. Kendaraan Panser Anoa yang dipesan oleh PBB ini memiliki desain seperti panser pada umumnya dan berfungsi juga sebagai kendaraan angkut personil yang menggunakan warna putih dengan tulisan “UN” di bagian depan. Peran aktif Pindad dalam mendukung Kontingen Garuda pada misi perdamaian PBB ini merupakan hal yang tidak terpisahkan, karena memang panser anoa merupakan produk Pindad, suatu persembahan Indonesia untuk pemeliharaan perdamaian dunia.

Baca juga :  Sandi Morse

Sahabat, keberadaan Panser Anoa ini sangat mendukung Kontingen Garuda yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB, sehingga dengannya kita patut untuk berbangga. Hal ini karena bagi bangsa kita Indonesia, pengiriman Kontingen Garuda ke PBB merupakan pewujudan nyata dari tujuan bangsa kita, sebagaimana penggalan yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat, “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.

Demikianlah sahabat, sekali lagi kita patut berbangga dengan Panser Anoa sebagai persembahan negeri untuk perdamaian dunia. Bravo Indonesia,,, salam Ksatria !!!

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top