You are here
Home > Pengetahuan > Apa Itu Reklamasi?

Apa Itu Reklamasi?

Selamat Siang sahabat Kodam XVII/Cenderawasih kali ini kita akan membahas tentang apa itu pengertian, tujuan, manfaat dari sebuah reklamasi, walaupun kata ini tidak asing ditelinga kita namun masih ada yang belum benar-benar mengetahui apa itu Reklamasi.

Reklamasi adalah usaha memperluas tanah dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna menjadi suatu daerah yang berguna dengan proses pembuatan daratan baru di atas perairan (misalnya: laut, sungai dan danau).

Hal ini memiliki tujuan yang pada umumnya adalah untuk menjadikan kawasan berair yang rusak atau belum termanfaatkan menjadi suatu kawasan baru yang lebih baik dan bermanfaat untuk berbagai keperluan ekonomi maupun untuk tujuan strategis lainnya. Kawasan daratan baru ini dapat dimanfaatkan untuk kawasan permukiman, perkotaan, bisnis dan pertokoan, perindustrian, pelabuhan udara, pertanian, jalur transportasi alternatif, dan sebagai tanggul perlindungan daratan lama dari ancaman abrasi serta dapat juga menjadi suatu kawasan wisata terpadu.

Dalam reklamasi ini pasti ada keuntungan ataupun kerugiannya, untuk itu silahkan simak apa saja keuntungan dan kerugian dalam reklamasi untuk suatu kawasan berikut ini :

Dampak positif atau keuntungan reklamasi pesisir pantai :

  1. Ada tambahan daratan buatan hasil pengurugan pantai sehingga dapat dimanfaatkan untuk bermacam kebutuhan.
  2. Daerah yang dilakukan reklamasi menjadi aman terhadap erosi karena konstruksi pengaman sudah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan gempuran ombak laut.
  3. Daerah yang ketinggiannya di bawah permukaan air laut bisa aman terhadap banjir apabila dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai.
  4. Tata lingkungan yang bagus dengan perletakan taman sesuai perencanaan, sehingga dapat berfungsi sebagai area rekreasi yang sangat memikat pengunjung.

Dan Dampak negatif atau kerugian reklamasi pesisir pantai :

  1. Peninggian muka air laut karena area yang sebelumnya berfungsi sebagai kolam telah berubah menjadi daratan.
  2. Akibat peninggian muka air laut maka daerah pantai lainya rawan tenggelam, atau setidaknya air asin laut naik ke daratan sehingga tanaman banyak yang mati, area persawahan sudah tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam, hal ini banyak terjadi di wilayah pedesaan pinggir pantai.
  3. Musnahnya tempat hidup hewan dan tumbuhan pantai sehingga keseimbangan alam menjadi terganggu, apabila gangguan dilakukan dalam jumlah besar maka dapat mempengaruhi perubahan cuaca serta kerusakan planet bumi secara total.
  4. Pencemaran laut akibat kagiatan di area reklamasi dapat menyebabkan ikan mati sehingga nelayan kehilangan lapangan pekerjaan.
Baca juga :  Kuasai Ilmu Medan Biar Tidak Tersesat

Nah, itulah beberapa dampak positif dan negatif tentang reklamasi, untuk itu, apabila di tempat tinggal kalian yang dekat dengan pesisir ada reklamasi, hendaknya kita bisa memberikan solusi yang terbaik agar tidak menimbulkan kerugian yang terlalu banyak. Kita juga bisa menyampaikan saran atau solusi agar dapat dikaji lebih dalam lagi, atau perlu adanya penelitian yang lebih dalam sehingga apa yang akan diharapkan dapat tercapai dengan baik dan tentunya dapat bermanfaat bagi amasyarakat luas. (Prd/Cen).

Sumber :

Leave a Reply

*

Top