You are here
Home > Tulisan > Umum > Apa Itu Virus Zika?

Apa Itu Virus Zika?

Virus Zika adalah salah satu virus dari jenis Flavivirus dan memiliki kesamaan dengan virus dengue, berasal dari kelompok arbovirus. Nama “Zika” sendiri diambil dari nama tempat pertama kalinya virus ini diisolasi yaitu Hutan Zika yang berada di Uganda. Virus ini disolasi pada tahun 1947 dari monyet yang memiliki habitat di hutan tersebut.

Selanjutnya virus Zika dilaporkan penemuannya di beberapa negara Afrika, Asia khususnya Asia Tenggara, Mikronesia, Amerika Latin, dan Karibia. Keberadaan virus Zika di Indonesia baru terungkap melalui laporan Eijkman Institute melalui laporan Dr. Herawati Sudoyo, Ph.D, Deputi Direktur Eikjman Institute yang mengatakan, pihaknya menemukan virus ini saat terjadi wabah demam dengue (demam berdarah) di Jambi pada Desember 2014-April 2015.

Penularan Virus Zika terjadi karena gigitan nyamuk Aedes Aegepty untuk daerah tropis, Aedes Africanus di Afrika dan Aedes Albopictus di beberapa daerah lain. Nyamuk Aedes merupakan jenis nyamuk yang aktif di siang hari, dan dapat hidup di dalam maupun luar ruangan. Virus Zika juga bisa ditularkan oleh ibu hamil kepada janinnya selama masa kehamilan.

Penderita yang tertular virus Zika biasanya akan merasaakan gejala awal seperti demam, pusing, muncul ruam merah pada kulit, sakit pada persendian dan mata merah. Terkadang diikuti dengan sakit pada bagian belakang mata atau muntah-muntah. Secara sepintas gejala terserang virus ini memang mirip dengan demam berdarah.

Pemeriksaan laboratorium biasanya hanya akan menunjukkan penurunan kadar sel darah putih seperti umumnya infeksi virus lainnya. Berbeda dengan infeksi demam berdarah, infeksi virus Zika tidak menunjukkan adanya penurunan kadar trombosit dalam darah.

Dengan istirahat dan banyak minum pasien dapat sembuh. Obat-obat yang diberikan hanya bertujuan untuk mengatasi gejala yang timbul yaitu jika gatal diberikan obat gatal dan jika demam diberikan obat demam.

Penyakit yang memerlukan masa inkubasi 3 hari sebelum serangan ini juga kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis yang serius. Penanganan paling efektif menurut Dr. Herawati adalah dengan meningkatkan asupan vitamin C, E, B, dan A dalam tubuh untuk memicu sistem kekebalan dalam tubuh untuk membentuk perlawanan alami terhadap virus Zika. Dalam kondisi tubuh yang baik, penyakit infeksi virus Zika dapat pulih dalam waktu 7 sampai 12 hari.

Baca juga :  Paralimpiade Rio, Dengan Keterbatasan Raihlah Kemenangan

Menurut laman resmi Depkes RI (depkes.go.id) dikatakan bahaya terbesar dari serangan virus Zika justru muncul pada ibu hamil, karena ibu hamil yang positif memiliki virus tersebut bisa menularkan virus tersebut pada janin dalam kandungannya. Dan Zika Virus akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf termasuk sistem saraf pusat di otak dari janin.

Menurut laman itu juga dikatakan hubungan infeksi virus Zika pada ibu hamil dengan kejadian cacat mikrosefalus (ukuran otak yang kecil) pada bayi yang dilahirkan belum terbukti secara ilmiah, namun bukti ke arah itu semakin kuat.

Dalam temuan di Brazil yang diketahui sebagai salah satu kota di Amerika Latin dengan kasus Zika Virus yang tinggi pada tahun 2015, terjadi peningkatan signifikan kasus bayi yang lahir dengan cacat mikrosefalus.

Berdasarkan data pada tahun 2015, di Brazil secara keseluruhan ditemukan kasus Zika hingga ribuan temuan dengan 500 lebih kasus diderita oleh ibu hamil pada bulan desember lalu. Dan dari angka tersebut ditemukan 150 kasus ibu hamil yang akhirnya melahirkan bayi dengan mikrosefalus. Menurut pemberitaan CNN secara total diperkirakan ada peningkatan bayi dengan mikrosefalus hingga 4000-an kasus sepanjang tahun 2015 hingga januari 2016 ini.

Hingga saat ini vaksin untuk virus Zika sendiri memang belum ada. Namun ada baiknya kita menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita dan lebih peduli lagi akan pentingnya perilaku hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, istirahat cukup, banyak minum, dan bila perlu jika merasakan demam tinggi, segeralah mengkonsumsi obat penurun panas sebagai pertolongan pertama.

Leave a Reply

*

Top