You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Apa Makna Apel Bagi Militer..?

Apa Makna Apel Bagi Militer..?

Tentara Nasional Indonesia adalah salah satu figure yang mempunyai tingkat kedisiplinan yang sangat tinggi dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Bagi TNI, Disiplin merupakan Nafas dari jati diri seorang prajurit. Tanpa adanya disiplin, Tentara Nasional Indonesia bagaikan sekumpulan gerombolan. Maka dari itu, TNI mempunyai salah satu semboyan “Disiplin adalah Nafasku, Kehormatan Segala-galanya”.

Tetapi dalam hal berdisiplin, saat ini tiap-tiap prajurit memiliki tingkatan yang berbeda-beda walaupun dari asal sumber pendidikan yang sama. Hal ini bisa dirasakan dengan sedikit melunturnya sikap dasar kemiliteran yang telah dimiliki oleh prajurit. Hal tersebut bisa terjadi karena tidak terlatihnya ilmu dasar kemiliteran dengan baik bahkan cenderung di abaikan dan ditinggalkan.

Untuk memunculkan kembali sikap dasar dari kemiliteran tersebut, seorang prajurit perlu mengulang kembali pelajaran dan melakukan penyegaran tentang Peraturan Milter Dasar (Permildas) seperti Peraturan Baris-berbaris (PBB) dan Peraturan Penghormatan Militer (PPM).

Disiplin tersebut dapat diartikan bahwa seorang prajurit harus taat dalam melaksanakan perintah dan peraturan serta mengikuti hukum yang berlaku di lingkungan TNI, baik di bawah pengawasan Pimpinan/Atasan maupun tanpa pengawasan.

Pengawasan dalam militer dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung seperti halnya dengan adanya apel dalam lingkup TNI. Apel sangatlah dibutuhkan dan sangat penting dilakukan untuk mengecek secara nyata kekuatan dari tiap-tiap bagian serta mengetahui keterangan bagi personel yang tidak dapat melaksanakan suatu kegiatan.

Apel merupakan suatu kegiatan yang  rutin dilaksakan oleh instansi militer, Apel tidak hanya dilakukan pada saat pagi hari ataupun sore hari saja, tetapi apel bisa dilakukan pada siang hari dan malam hari juga bisa setiap saat ketika hal tersebut dibutuhkan.

Baca juga :  Teknologi Tempur Militer Di Indonesia

Dengan diadakannya apel, secara tidak langsung ini merupakan suatu kontrol yang dilakukan Komando Atas. Apel juga menjadi sarana pimpinan dalam memberikan pengarahan secara umum kepada seluruh anggota maupun untuk penyampaian informasi yang bersifat penting tentang keadaan maupun kegiatan yang akan berlangsung baik dari intern maupun extern.

Apel tidak terbatas hanya diberlakukan kepada personel saja, tetapi apel juga bisa  diberlakukan kepada materiil yang akan dicek kelengkapan dan kondisinya karena akan digunakan dalam melaksanakan suatu kegiatan. Contohnya adalah apel alat dan perlengkapan seperti HT, Senjata maupun materiil yang lain.

Di dalam sebuah apel tidak hanya memberikan keterangan maupun kekuatan nyata dari tiap bagian, apel juga menjadi salah satu kendali dari kondisi masing-masing prajurit seperti kerapihan seragam, sepatu dan komponen-komponen lain yang di pakai maupun kepaihan dari diri pribadi dari seorang prajurit. Untuk itu, Apel sangat penting dilakukan di lingkungan TNI dikarenakan apel adalah salah satu bentuk kedisiplinan Prajurit TNI.

Tulisan diatas merupakan pengetahuan apel yang dapat di ketahui oleh pembaca guna meningkatakan serta menanamkan sikap disiplin pada diri sendiri.

Leave a Reply

*

Top