You are here
Home > Tulisan > Aturan Resmi Ukuran Bendera

Aturan Resmi Ukuran Bendera

Hawa peringatan Hari proklamasi Republik Indonesia ke-71 masih terasa dimana-mana. Bendera, umbul-umbul, gapura-gapura di setiap jalan masuk masih jelas bertuliskan HUT RI KE – 71 di tulis dengan cat kombinasi warna merah, putih dan hitam yang terlihat masih bersih mengkilat. Bendera dipasang di depan rumah, diatas gapura dan dipinggir-pinggir jalan. Banyak juga yang memasang di tiang antena pada mobil, spion kendaraan bermotor dan kendaraan-kendaraan lainnya. Semua menyemarakkan suasana kegembiraan peringatan hari kemerdekaan RI.

Namun adakah yang tahu bahwa ukuran bendera merah putih ternyata memiliki aturan standart yang diatur dalam Peraturan Pemerintah mengenai bendera negara..?

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  24  tahun  2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, mengatur besarnya bendera disesuaikan dengan dimana bendera tersebut di letakkan.

Sesuai Peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2009 BAB II tentang bendera Pasal 4, ayat 3, bendera memiliki ukuran sebagai berikut :

  1. 200 cm x 300 cm untuk penggunaan di lapangan Istana Kepresidenan;
  2. 120 cm x 180 cm untuk penggunaan di lapangan umum;
  3. 100 cm x 150 cm untuk penggunaan di ruangan;
  4. 36 cm x   54 cm untuk penggunaan di mobil Presiden dan Wakil Presiden;
  5. 30 cm x   45 cm untuk penggunaan di mobil pejabat negara;
  6. 20 cm x   30 cm untuk penggunaan di kendaraan umum;
  7. 100 cm x 150 cm untuk penggunaan di kapal;
  8. 100 cm x 150 cm untuk penggunaan di kereta api;
  9. 30 cm x   45 cm untuk penggunaan di pesawat udara; dan
  10. 10 cm x   15 cm untuk penggunaan di meja.
Baca juga :  Belajar Budidaya Tabulampot

Nah, sekarang sahabat sudah mengetahui ukuran bendera yang resmi sesuai dengan apa yang telah pemerintah berikan. Walau pun tidak ada razia atau hukuman bagi yang memasang bendera dengan ukuran yang tidak sesuai, namun sebagai warga negara yang baik dan taat peraturan alangkah bijaksananya apabila kita mematuhi aturan yang ada.

Ukuran bendera tersebut pasti sudah diperhitungkan dengan berbagai macam pertimbangan sehingga apabila diletakkan pada media tertentu akan tampak proporsional/imbang.

Semoga artikel tentang ukuran bendera kali ini dapat menambah pengetahuan para sahabat dan bermanfaat. Jika suka dengan artikel ini silahkan bagikan/share ke rekan kerja atau teman dekat para sahabat. Salam.

 

Leave a Reply

*

Top