You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Automatic Granade Launcher (Cal 40 MM)

Automatic Granade Launcher (Cal 40 MM)

Automatic Granade Launcher (Cal 40 MM), atau biasa disebut dengan Pelontar Granat AGL-40 merupakan salah satu jenis senjata buatan Singapura yang tidak hanya mematikan namun senjata ini juga memiliki daya ledak yang tinggi. Senjata ini mulai dirancang sejak 1986 – 1989 dan pertama kali diproduksi oleh Chartered Industries Of Singapore (CIS), dan resmi di produksi 1991 hingga sekarang.

Senjata yang memiliki berat 33 Kg, panjang 966 mm, lebar 376, serta tinggi 346 mm ini, terbilang sangat ampuh karena merupakan salah satu senjata pelontar granat otomatis dengan Kaliber 40 mm. Jarak capai dari senjata ini sejauh 2,2 KM dan dapat menembakkan 350 – 500 butir granat dalam 1 menit. Serta kecepatan meluncur proyektil granat ini saat ditembakkan dapat mencapai kecepatan 241 Meter/menit. Jenis munisinyapun terbilang unik sebab berbentuk seperti Deodoran (Rexona).

AGL 40 cukup unggul dalam mobilitas penggunaannya sehingga senjata ini praktis dalam gelar pertempuran. Senjata pelontar Granat Otomatis ini menjadi salah satu senjata yang tak asing lagi di lingkungan Militer Indonesia, Beberapa satuan elitpun sudah menggunakan senjata ini diantaranya adalah Kopassus TNI AD dan Kopaska TNI AL. untuk Kopassus sering di gunakan pada kendaraan – kendaraan taktis diantaranya Jeep Land Rover Devender, Flyer 4×4 dan Caspir MK3. Sedangkan Kopaska seing memasangnya pada X3* Combat boat (Kendaraan Laut). AGL 40 pun sering di pasang pada panser Anoa 6×6 dan buatan Pindad dan beberapa jenis panser lainnya sebagai senjata Portable karena sewaktu – waktu dapat dilepas lagi.

Baca juga :  Ivander EOD Rantis Jihandak Andalan Zeni TNI AD dalam Pengamanan VVIP ( Pam VVIP )

Dapat kita bayangkan betapa dasyatnya senjata ini dalam menggempur dan mengancurkan pertahanan musuh.

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top