You are here
Home > Wisata Militer > Ayo Berkunjung Ke Jayapura

Ayo Berkunjung Ke Jayapura

Selamat siang selamat beraktifitas sahabat Kesatria pelindung Rakyat, kali ini kita akan membahas keindahan dan tempat-tempat yang jika anda berkunjunjung ke Jayapura, Papua tidak akan pernah merasa menyesal. Kota Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua, Indonesia. Kota ini merupakan Ibu kota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia. Kota ini terletak di Teluk Jayapura yang dikenal sebagai Hollandia dan merupakan ibu kota Distrik dengan nama yang sama di timur laut pulau Papua bagian barat. Kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sukarnopura (Sukarnapura, 1964) sebelum memangku nama yang sekarang pada tahun 1968.

Tumbuh besar dikota ini membuat saya merasa nyaman dan betah berada di pulau paling ujung timur Indonesia ini, mengapa tidak? Disinilah saya mendapat teman-teman yang super asik. Disinilah saya mengalami berbagai kisah dan kenangan kocak, buruk, senang, sedih, bahkan patah hati.

Di Jayapura, terkenal dengan Tempat Nongkrong yang sangat ramai pada saat malam minggu, yaitu Kursi Panjang alias Kupang,  Kupang adalah tempat berkumpul anak remaja yang wajib di datangi apabila anda berkunjung ke Jayapura, pokoknya asik dan tidak rugi jika Nongkrong di Kupang karena tempatnya yang strategis Berada di Pinggir Pantai Dok 2.

Ada juga Tempat untuk melihat pemandangan yang indah yaitu Pemancar atau Jayapura City, Jayapura City adalah tempat terbaik untuk melihat pemandangan cantik Kota Jayapura dari ketinggian, Anda bisa melihat gemerlap lampu yang menerangi kota. Tempat ini sangat pas jika anda mengambil gambar, karena letaknya yang lumayan tinggi dan dapat terlihat betapa indahnya kota Jayapura di tambah lagi jika mengunjungi tempat ini saat malam.

Satu lagi tempat yang tidak kala menarik yaitu Bukit Skyland. Lokasi bukit Skyland berada tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Jayapura, untuk menuju ke Bukit Skyland bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Tetapi, untuk mencapai lokasi pemandangan yang cantik, anda harus berjalan kaki. Tidak begitu jauh, hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit saja, anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas Bukit Skyland.

Kalau tempat yang satu ini adalah padang Golf di kota Jayapura bertempat di Jalan Polimak IV Atas, Kodam XVII/Cenderawasih, Kota Jayapura. Hampir semua masyarakat kota Jayapura ini tahu lokasinya, jadi anda dengan mudah bisa bertanya kepada siapapun jikalau bingung menentukan arah, masyarakat Jayapura juga sangat ramah dan mereka akan memberi tahu anda lokasi dan arah menuju lapangan golf ini. Lapangan Golf Cendrawasih cukup populer di kalangan para wisatawan lokal maupun asing yang merupakan pecinta golf. Lokasinya yang cukup strategis tersebut juga menjadi salah satu faktor yang mendukung keberhasilan Lapangan Golf Cenderawasih ini.

Baca juga :  EKSOTISNYA PANTAI HOLTE KAMP

Yang satu ini adalah yang terbaik, Pantai Harlem adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Kabupaten Jayapura,  Papua, tepatnya di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre. Perjalanan ke Harlem memakan waktu sekitar tiga jam dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer. Lamanya waktu perjalanan disebabkan oleh kondisi jalan dari arah Sentani menuju Depapre yang kurang baik. Banyak ruas jalan berlubang, penuh debu, dan agak sempit.

Namun, semua kekurangan itu terbayar dengan keindahan alam di sejumlah daerah yang kami lewati, seperti Waibron dan Moy. Warga setempat sangat ramah dan tak sungkan untuk menegur sapa siapa saja yang melintas dan juga banyak warga menjajakan aneka buah-buahan segar, seperti rambutan dan duku di pinggiran jalan berjualan. Untuk mencapai Harlem, perjalanan hanya bisa ditempuh dengan jalur laut. Belum ada jalan yang memadai untuk kendaraan bermotor ke tempat itu karena harus melintasi perbukitan. Jika ingin sampai kesana harus menyewa sebuah kapal cepat (Perahu motor) berkapasitas 10 orang dengan tarif Rp 350.000 untuk perjalanan pergi dan pulang. Harlem memiliki garis pantai sepanjang sekitar 700 meter. Suasana di tempat itu sangatlah teduh, disertai embusan angin yang pelan. Terdapat banyak pohon kelapa, anggur, dan sagu yang tumbuh di tepi pantai. Kebersihan Pantai Harlem juga sangat terjaga. Sangat jarang ditemukan sampah rumah tangga di tempat itu.

Mungkin bagi sahabat ksatria dan masyarakat yang bearad di luar Papua belum banyak yang tahu keindahan kota-kota di sini khususnya Jayapura. Padahal, ibukota Papua ini memiliki destinasi yang indah. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri. (ARM/Cen).

Leave a Reply

*

Top