You are here
Home > Berita > Babinsa Agat Bina Mama Mama Kp. Yefu Buat Kerajinan Tangan dari Daun Sagu

Babinsa Agat Bina Mama Mama Kp. Yefu Buat Kerajinan Tangan dari Daun Sagu

Asmat – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1707-08/Agats Serda Robiono melaksanakan Komsos dan Anjangsana di kampung binaannya dengan mengunjungi balai sanggar kesenian Kampung Yefu. Kedatangan Babinsa ini di sambut gembira oleh Ibu Martina Oyu selaku ketua organisasi kelompok kerajinan tangan beserta mama-mama di Kampung Yefu Distrik Auyu, Kab. Asmat pada hari Sabtu (02/9).

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Serda Rubiono menjelaskan bahwa, dilaksanakannya kegiatan Anjangsana ini bertujuan untuk menjalin silahturahmi bersama masyarakat yang merupakan kampung binaannya.

Serda Rubiono juga menyampaikan, dalam waktu dekat yaitu pada bulan Oktober di Kab. Asmat akan dilaksanakan pesta budaya (pesta rakyat) yang diselenggarakan setiap 1 (satu) tahun sekali yang diikuti oleh seluruh masyarakat Kab. Asmat. Dari pihak Pemerintah daerah mewajibkan bagi masyarakat di setiap kampung untuk memperlihatkan hasil kerajinan khasnya masing-masing.

Mama-mama Kampung Yefu sudah mempersiapkan diri dengan membuat kerajinan tangannya yaitu berupa tas yang terbuat dari daun Sagu. Babinsa menghimbau kepada masyarakat agar kerajinan tersebut dibuat yang terbaik pada saat acara pesta budaya, karena hasil kerajinan tangan tersebut nantinya akan diseleksi oleh panitia. Dan dari yang terbaik tersebut akan dibawa ke Kab. Asmat untuk dipamerkan kepada para tamu undangan yang hadir nanti.

Lebih lanjut Serda Rubiono menjelaskan bahwa, kerajinan tangan berbentuk tas juga dapat menambah penghasilah ekonomi keluarga apabila dikerjakan dengan baik dan dikelola secara profesional.

Melalui kegiatan anjangsana tersebut diharapkan akan dapat mempererat hubungan kedekatan warga bersama TNI khususnya Angkatan Darat, sehingga mampu terwujud kemanunggalan TNI bersama rakyat yang kuat. Tak hanya itu, melalui kegiatan anjangsana ini juga Babinsa dapat mengetahui dan lebih mengenal secara dekat warga masyarakat yang ada di daerah binaannya.

Baca juga :  Masyarakat Kp. Serewen Mendapat Penyuluhan Keagamaan Oleh Kodim Yawa

Kepada warga masyarakat Babinsa meminta untuk memanfaatkan alam disekitar dengan baik, khususnya pohon sagu. “Pohon Sagu selain dapat diambil sarinya, kita juga dapat memanfaatkan daunnya untuk dibuat kerajinan tangan seperti tas yang sudah dilaksankan oleh mama mama Kp. Yefu”, kata Babinsa.

Ketua kelompok kerajinan tangan Ibu Martina Oyu sangat berterima kasih kepada Babinsa atas kunjungannya. “Melalui kegiatan anjangsana yang dilakukan oleh Babinsa, kami dapat terbantu dalam memperoleh informasi khususnya kegiatan pesta budaya yang rencana akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti, dan berkat bantuan dari Babinsa juga kami tidak merasa khawatir lagi untuk menjual hasil kerajinan tangan yang telah kami buat ini”. ungkapnya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top