You are here
Home > Berita > Babinsa Ajari Pendalaman Materi Pancasila Kepada Siswa SMP

Babinsa Ajari Pendalaman Materi Pancasila Kepada Siswa SMP

Moenamani – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1705-06/Moanemani Serma Jhon Wilson melaksanakan kegiatan mengajar Materi pancasila yang diikuti kurang lebih 70 siswa-siswi dengan semangat dan antusias. Kegiatan bertempat di SMP YPPK Moanemani, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai, Senin (12/06).

Salah satu dari beberapa perogram Koramil 1705-06/Moanemani yaitu mengajar di sekolah kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada siswa-siswi sejak usia dini karna kedepan mereka inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa. Selain itu untuk memperdalam makna dari Pancasila sebagai mana kita ketahui bersama bahwa di sekolah-sekolah jaman sekarang sudah jarang dimunculkan pelajaran Pancasila.

Dalam kegiatan mengajar tersebut Babinsa memberikan materi singkat tentang pancasila yakni pengertian Pancasila yang artinya lima dasar atau lima asas yaitu nama dari dasar negara kita, Negara Republik Indonesia. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad XIV yang terdapat dalam buku Nagara Kertagama karangan Mpu Prapanca dan buku Sutasoma karangan empu Tantular, dalam buku Sutasoma ini, selain mempunyai arti “Berbatu sendi yang lima” (dari bahasa Sansekerta) Pancasila juga mempunyai arti “Pelaksanaan kesusilaan yang lima” (Pancasila Krama), yaitu sebagai berikut :

  1. Tidak boleh melakukan kekerasan
  2. Tidak boleh mencuri
  3. Tidak boleh berjiwa dengki
  4. Tidak boleh berbohong
  5. Tidak boleh mabuk minuman keras / obat-obatan terlarang

Pancasila adalah Dasar negara yang di sebut sebagai falsafah negara Indonesia atau ideologi Indonesia. Sila-sila dari Pancasila itu terdiri dari nilai-nilai dan norma-norma yang positif sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia, dan nilai serta norma yang bertentangan pasti akan ditolak oleh Pancasila, misalnya Atheisme dan segala bentuk kekafiran tak beragama akan ditolak oleh bangsa Indonesia yang ber Tuhan dan beragama.

Baca juga :  Koramil 1705-01/Nabire Turut Serta Sukseskan Peringatan Kepanduan Sedunia Kab. Nabire

Pada 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila didasarkan pada tanggal 1 Juni 1945 Presiden Sukarno menyebut pertama kali istilah Pancasila dalam suatu pidato di depan sidang Badan Persiapan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pancasila di gunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara. Di sampaikan juga kepada siswa siswi bahwa apabila pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera.

Kepala sekolah SMP YPPK Moanemani Bapak Ernes Giyai, S.Pd., mengucapkan terima kasi kepada bapak Babinsa yang sudah meluangkan waktunya untuk mengajar di sekolah kami. Saya berharap kegiatan ini jangan berhenti sampai di sini saja, dan kami harap nanti pada saat kegiatan MOS (Masa Orentasi Siswa) di sekolah ini bapak Babinsa mau meluangkan waktunya lagi untuk mengisi materi PBB dan Wawasan Kebangsaan sehinga dari usia dini siswa-siswi lebih memperdalam kecintaannya terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top