You are here
Home > Berita > Babinsa Bersama Para Petani Bersihkan Saluran Irigasi

Babinsa Bersama Para Petani Bersihkan Saluran Irigasi

Merauke – Babinsa Koramil 1707-05/Merauke Serda Yohanis Silak bersama masyarakat setempat melakukan karya bhakti bersihkan drainase (saluran air) di Kampung Waninggap Kai, Distrik Semangga, Kab. Merauke, Senin (29/05).

Sebanyak 20 orang masyarakat Kampung Waninggap Kai yang dipimpin oleh Babinsa Koramil 1707-05/Merauke Serda Yohanis Silak terlibat dalam kegiatan karya bhakti pembersihan saluran air di area persawahan sepanjang kurang lebih 4 Km selama 2 hari.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat sekitar terutama para Gapoktan di wilayah Kampung Waninggap Kai itu terlihat dimana secara antusias mereka ikut membantu kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa Yohanis mengatakan bahwa uapaya pembersihan tersebut untuk memperlancar pengairan pertanian, dimana di musim penghujan saat ini banyak Drainase (saluran air) yang tidak lancar diakibatkan tumbuhnya rumput liar dan eceng gondok.

“Pembersihan Drainase (saluran air) tersebut bertujuan untuk memperlancar saluran air untuk irigasi pertanian.” Uangkapnya.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan karya bhakti seperti ini, saluran air dapat kembali lancar sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya luapan air ke sawah-sawah yang dapat menyebabkan kegagalan panen.” Lanjutnya.

Baca juga :  Mobil Ambulans untuk Koramil dan Masyarakat Tiom

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa selain untuk kelancaran pengairan, kegiatan yang dilakukan secara bergotong royong tersebut, juga bertujuan untuk membangun kebersamaan dan kesadaran para petani dalam hal peningkatan swasembada pangan.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kebersamaan, kesadaran, maupun peran serta masyarakat petani dalam rangka meningkatkan hasil swasembada pangan di wilayah khususnya di Kampung Wanginggap Kai.” Imbuhnya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top