You are here
Home > Berita > Babinsa Cegah Masyarakat yang Main Hakim Sendiri

Babinsa Cegah Masyarakat yang Main Hakim Sendiri

MappiKomunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satua sarana yang sangat mudah untuk dilaksanakan dalam mencapai tujuan tertentu, selain itu Komsos juga dapat mempererat hubungan tali silaturahmi antas sesama dalam hal ini khususnya antara Babinsa dengan warga binaannya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Serda Edison Makamur kepada masyarakat di wilayah Kampung Bade, Distrik Bade, Kab. Mappi Babinsa Koramil 1707-11/Bade, pada hari Rabu (05/06).

Pada kesempatan tersebut Babinsa melakukan Komsos berawal dari informasi yang didapat bahwa di Kampung Bade telah terjadi tindakan kriminal berupa perampasan dan penjambretan sebuah Hand Phone (HP) milik warga. Dari kejadian tersebut masyarakat setempat bersepakat bersama-sama untuk mencari pelakunya dan jika tertangkap maka pelaunya akan dihakimi secara masal.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan, Babinsa segera mengambil langkah lebih awal dengan cara mengumpulkan masyarakat untuk selanjutnya diberikan pemahaman dan pengertian bahwa, “Di negara kita tidak dibenarkan main hakim sendiri karena bertentangan dengan Undang-Undang dan hukum yang berlaku”, ucap Babinsa.

Baca juga :  Pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa Di Muaratami

“Bila terjadi kasus pencurian ataupun tindakan kriminal lainnya maka sebagai warga negara yang baik kita bisa tangkap pelaku disertai barang buktinya/saksi-saksi dan serahkan kepada pihak yang berwajib dalam hal ini Polsek, biar Polsek yang menyelesaikannya secara hukum”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua RT 1 Kp. Bade Bapak Agus mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa yang telah mengambil langkah awal yang tepat sehingga dapat mencegah terjadinya perbuatan main hakim sendiri oleh masyarakat. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top