You are here
Home > Berita > Babinsa Enarotali Berikan Materi Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Kab. Paniai

Babinsa Enarotali Berikan Materi Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Kab. Paniai

Paniai Sekolah Menengah Keatas (SMAN 1 Paniai) mendapatkan pelajaran tentang pendidikan pembinaan karakter dari Babinsa Koramil 1705-02/Enaro. Kepada para pelajar Babinsa Serka Agus menjelaskan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI serta tiga unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan, pada hari Selasa (12/9)

Serka Agus menyatakan bahwa, “Rasa kebangsaan merupakan wujud dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati, dan disegani di antara negara-negara di dunia. Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi semangat kebersamaan, senasib, dan sepenanggungan. “Sedangkan semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan akan terpancar dari kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi ancaman,” jelas Serka Agus

Selain itu  disampaikan juga tentang masalah tren perang saat ini yang dilancarkan sejumlah pihak demi mengadu domba bangsa dan negaranegara di dunia. Salah satunya adalah Proxy War di Indonesia.

“Sasarannya adalah generasi muda sebagai tulang punggung bangsa, generasi muda di serbu dengan sebuah fenomena kebebasan tak berbatas, pornografi, narkoba, selanjutnya perlahan-lahan dihilangkanlah rasa nasionalismenya, patriotismenya, etika dan moralnya kemudian ikut-ikutan budaya ke Barat-baratan yang negatif”.

“Saat ini sudah banyak bukti bahwa para pemuda tidak lagi peka terhadap lingkungan, sikap dan perilakunya yang tidak mencerminkan budaya bangsa yang berbudaya tinggi, mengedepankan egoisme probadi serta kelompok, merasa bebas tanpa batas, sehingga saat ini generasi muda mudah sekali dipecah belah dan di adu domba serta mudah sekali dikendalikan oleh pihak ketiga,” sebut Serka Agus.

Baca juga :  Apel Bersama dan Pemberian Bingkisan Lebaran Idul Fitri 1436 H

Kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat positif dari kalangan siswa, ini terlihat banyaknya pertanyaan dari siswa/siswi yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab oleh Serka Agus.

Dengan pembelajaran Wawasan Kebangsaan khususnya bela negara sejak dini bagi para pelajar diharapkan mereka akan tersadar kembali tentang situasi dan kondisi saat ini yang sudah sangat jauh melenceng dari budaya asli kita. Dengan dibangunkannya kesadaran saat ini tentang Wawasan Kebangsaan sedikit demi sedikit, mudah-mudahan generasi muda cepat bangkit kembali kesadaran Nasionalismenya serta rasa cinta tanah airnya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top