You are here
Home > Berita > Babinsa Koramil Muting Dampingi Petani Panen Padi

Babinsa Koramil Muting Dampingi Petani Panen Padi

Merauke – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1707-04/Muting Serka Adnan Darwis mendampingi petani melakukan panen padi di Kampung Alfa Sera SP 1, Distrik Muting, Kab. Merauke, pada hari senin (03/4).

Danramil 1707-04/Muting Kapten Czi Septian Herpriyono mengatakan, pihaknya memerintahkan para Babinsa agar senantiasa membantu masyarakat dalam ikut menyukseskan swasembada pangan dan pada kesempatan ini Danramil memerintahkan Serka Adnan Darwis mendampingi petani panen Padi Gogo di Kampung Alfa Sera SP 1 yang memiliki luas lahan 2 Hektar.

”Ikut turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan motivasi yang lebih dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas panen padinya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan pendampingan panen padi tersebut merupakan bentuk keseriusan dan kepedulian Babinsa dalam menyukseskan progam swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Kegiatan panen Padi Gogo dilaksanakan secara manual tanpa mesin panen dan giling karena keterbatasan Alsintan yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Alfa Sera SP 1 di Distrik Muting. Dengan cara ini pelaksanaan panen memerlukan waktu 4 hari mengingat cuaca saat ini masih sering turun hujan di wilayah Distrik Muting.

Baca juga :  Siswa SMPN 1 Sawa Erma Dilatih PBB Oleh Babinsa

“Lahan yang yang masih kosong nantinya akan dimanfaatkan untuk dijadikan sawah yang akan ditanami padi, bahkan saat ini sudah dilakukan kalkulasi termasuk kebutuhan sarana dan prasarananya,” katanya.

Sementara itu Petani masyarakat Kampung Alfa Sera SP 1 Bapak Sutrisno menyampaikan rasa terima kasih banyak kepada Babinsa dimana para Babinsa terjun langsung mendampingi petani mulai dari pengolahan lahan, penanaman hingga waktu panen. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top