You are here
Home > Berita > Babinsa Merauke Bekali Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Agats Wawasan Kebangsaan

Babinsa Merauke Bekali Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Agats Wawasan Kebangsaan

Asmat – Babinsa Koramil 1707-08/Agats Serda Jefri Wahyudinata memberikan penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Agats sebanyak 200 orang yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Agats, Distrik Agats, Kab. Asmat pada hari Kamis (27/7/17).

Tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Koramil-Koramil lain jajaran Kodim 1707/Merauke yang melaksanakan Wasbang dengan menekankan tentang 4 (empat) Pilar Kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Babinsa Serda Jefri menyampaikan bahwa, “Pancasila merupakan Ideologi Bangsa Indonesia yang telah disepakati bersama, untuk itu kita harus bisa mempertahankan apapun alasannya. Sebagai generasi muda kita harus benar-benar bisa memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut”, jelasnya.

“Sebagai bukti dan contoh Kesaktian Pancasila telah diuji oleh berbagai tantangan di masa lalu dan Pancasila membuktikan dapat menjawab dan menyelesaikan persoalan itu semua. Demikian juga pada saat ini dan di masa yang akan datang Pancasila akan tetap berdiri kokoh sebagai dasar Ideologi Bangsa Indonesia yang sanggup menyelesaikan segala persoalan Bangsa ini”, ungkap Babinsa.

Baca juga :  Bupati Mappi Resmikan Pos Ramil Muur Koramil 1707-11/Bade

“Selain itu, UUD 1945 merupakan sumber hukum dari peraturan-peraturan yang diterapkan bagi kehidupan bernegara di Indonesia yang berasaskan Pancasila, sehingga UUD 1945 sebagai sumber hukum sudah sangat sesuai dengan keadaan Bangsa Indonesia”, jelasnya.

Selesai pemberian materi Wawasan Kebangsaan, pada kesempatan tersebut disampaikan juga teori-teori dasar dan praktek di tempat dalam pelaksanaan baris berbaris diantaranya, sikap sempurna, sikap istirahat, penghormatan dan jalan ditempat. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top