You are here
Home > Berita > Babinsa Merauke Dampingi Petani Ikut Sekolah Lapangan

Babinsa Merauke Dampingi Petani Ikut Sekolah Lapangan

Merauke – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kampung Telaga Sari Koramil 1707-05/Merauke Kopda Slamet Kurniawan melaksanakan pendampingan para Gapoktan dan kelompok tani Kampung Telaga Sari dalam kegiatan sekolah lapangan yang bertempat di lahan milik Bapak Ngaliman tepatnya di Disitrik Kurik Kabupaten Merauke, Sabtu (09/09).

Sekolah lapangan tersebut di koordinatori oleh PPL harapan Makmur bapak Wijiyono dan PPL Telaga Sari Ibu Sugiati.PPL harapan Makmur bapak Wijiyono dalam materinya menjelaskan bahwa musuh alami hama tanaman padi meliputi berbagai macam spesies serangga. “Beberapa jenis spesies serangga yang berguna untuk mengendalikan populasi hama padi yaitu Kumbang Kubah, Laba laba mata tajam dan Laba laba loncat”, jelasnya.

Lebih lanjut bapak Wijiyono menjelaskan bahwa 3 jenis yang disebutkan ini mencari mangsa seperti wereng daun, wereng batang dan larva penggerek batang serta ulat pemakan daun tanaman padi sehingga hama yang menyerang tanaman padi dapat dikendalikan.

Baca juga :  Babinsa Koramil 1705-06/Moanemani Membantu Para Petani Melaksanakan Panen Padi Perdana Pada Tahun 2016

“ Keseimbangan alam antara serangga dan hama musuh alaminya sering diganggu oleh penggunaan racun serangga yang tidak tepat dan berlebihan. Namun keadaan tertentu insektisida masih kita perlukan, namun penggunaannya harus secara bijaksana agar dapat menyelamatkan dan melestarikan kehidupan secara alami ”,ujarnya. (Prd/Cen)

 

Leave a Reply

*

Top