You are here
Home > Berita > Babinsa Merupakan Ujung Tombak Keberhasilan Teritorial

Babinsa Merupakan Ujung Tombak Keberhasilan Teritorial

Wamena – Babinsa adalah unsur terdepan dari Satuan Kewilayahan yang bertugas melaksanakan fungsi pembinaan teritorial di wilayah pedesaan/kelurahan. Kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter sehingga didalam melaksanakan tugasnya tersebut Babinsa harus selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di desa/kelurahan seperti Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Tokoh Pemuda agar tidak terjadi kegagalan dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial.

Untuk itulah saat ini dilaksanakan Sosialisasi tentang Peran Babinsa Sebagai Ujung Tombak Satkowil Dalam Keberhasilan Pembinaan Teritorial, dengan Narasumber Pasi Komsos Korem 172/PWY Mayor Arh Bambang Sutejo. Kegiatan dipusatkan di Aula Ukhumiarek Kodim 1702/Jayawijaya dan diikuti ± 30 prajurit Kodim, Kamis (30/11).

Dalam sosialisasi disampaikan bahwa Tugas Babinsa yaitu :

  1. Pelaksanaan pembinaan teritorial yang meliputi Anjangsana, membantu masyarakat yang terkena musibah, ikut gotong royong, menjaga sikap dan perilaku, aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di wilayah binaan, menjalin komunikasi dengan seluruh lapisan masyarakat serta mencari dan mengumpulkan data teritorial.
  2. Memberikan informasi bagi pasukan yang bertugas di daerahnya, meliputi Karakteristik daerah seperti kondisi jalan, sungai, jembatan, hutan/gunung yang bisa dilalui pasukan, daerah logistik wilayah, karakteristik tentang adat istiadat dan budaya, kondisi cuaca serta karakteristik masyarakat.
  3. Pelaksanaan temu cepat dan lapor cepat dalam keadaan dan situasi apapun di lapangan.
Baca juga :  Masyarakat Jadi Jaring Agen Teritorial

Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan dapat membentuk Babinsa-babinsa Kodim 1702/Jayawijaya yang lebih handal, mengetahui dengan jelas tugas pokoknya, dapat merangkul masyarakat pegunungan ke hal yang positif, dapat menjadi contoh dan mengatasi kesulitan masyarakat disekelilingnya serta dapat menjaga nama besar satuan. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top