You are here
Home > Berita > Babinsa Nimboran Bangun Saluran Irigasi Atasi Kesulitan Petani

Babinsa Nimboran Bangun Saluran Irigasi Atasi Kesulitan Petani

Jayapura Hampir satu tahun lamanya, saluran irigasi induk terkendala pengairan akibatnya hapir seluruh areal persawahan milik para petani di Distrik Nimboran mengalami kerusakan parah akibatnya bisa dipastikan petani di Kampung Karyabumi gagal panen, Senin (24/7)

Kekeringan merupakan problem dan permasalahan kompleks yang dialami para petani, oleh karenanya para petani mengeluhkan kendala dan hambatan tersebut kepada pemerintah daerah melalui peran Babinsa selaku pendamping pertanian.

Kerisauan yang dialami para petani membuat Babinsa terpacu untuk mengatasi kesulitan yang selama ini dialami bagi para petani di kampung Karyabumi. Dengan adanya usaha yang dilakukan terus menerus oleh Babinsa dan para petani akhirnya permasalahan tersebut dapat terjawab dengan turunnya bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura untuk membuat saluran irigasi akibat mengalami kerusakan.

Untuk mempercepat pembuatan saluran irigasi tersebut, Babinsa Koramil 1701-11/Nimboran Sertu Keliopas bersama warga kampung Karyabumi bergotong royong memperbaiki saluran irigasi supaya para petani dapat cepat melakukan aktifitas untuk menggarap lahan sawahnya kembali.

Menurut Sertu Keliopas bahwa, kurang lebih satu tahun petani di Distrik Nimboran mengalami gagal panen karena lahan sawah mereka tidak mendapat pasokan air yang cukup diakibatan oleh kerusakan saluran irigasi.

Baca juga :  Pembekalan Bela Negara Dan Wawasan Kebangsaan Raimuna Cabang III Kwartir Cabang Keerom

“Selama ini para petani hanya mencoba keberuntungan dengan mengandalkan air hujan, namun pada akhir-akhir ini hujan tak kunjung datang. Meskipun di wilayah lain turun hujan, akan tetapi di Distrik Nimboran tidak pernah turun hujan. Bahkan yang lebih parah, banyak petani yang tidak mengolah lahan sawahnya karena mengalami puso dan para petani lebih memilih untuk mengurus ternak sapinya”, tutur Sertu Keliopas. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top