You are here
Home > Pengetahuan > Bagaimana Cara Merawat dan Meng gunakan Laptop Yang Baik?

Bagaimana Cara Merawat dan Meng gunakan Laptop Yang Baik?

Kecanggihan ilmu teknologi sangat cepat perkembangannya terutama kemajuan teknologi bidang komputer, pada jaman belum adanya Laptop kita hanya dapat menggunakan Komputer Desktop yang menggunakan PC dengan ukuran yang cukup besar, sehingga tidak bisa dibawa kemana-mana untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Padahal pekerjaan kita tidak terlepas dari sebuah komputer. Dimana dalam beraktifitas di tempat-tempat tertentu kita tidak bisa menggunakannya, namun para ahli sudah menemukan solusinya dengan menciptakan Laptop yang mempunyai fungsi sama dengan PC Desktop dan lebih mudah dibawa kemana-mana dan bentuknya yang semakin kecil sehingga memudahkan kita untuk membawanya kemanapun kita pergi (Mobile).

Namun tahukah anda dalam kemudahan yang diberikan Sebuah Laptop banyak yang salah dalam cara mengoperasikan dan menggunakan Laptop sehingga sering terjadi kerusakan pada Laptop tersebut, melalui tulisan ini, kami ingin berbagi kepada rekan-rekan yang sering menggunakan laptop agar mampu memelihara dan merawat laptop, dengan baik dan benar. Inilah beberapa tips yang sudah kami rangkum dari berbagai media yang dapat memudahkan dalam perawatan dan penggunaan Laptop yang baik dan benar sehingga usia pakai akan lebih lama yaitu dengan cara :

  1. Cara membawa Laptop untuk berpergian.    Karena sifat Laptop yang mudah dibawa banyak orang saat ini memilikinya, namun sering kita melihat sebuah Laptop dibawa menggunakan tas dengan di selempangkan ke arah belakang dan Laptop disandarkan diatas jok motor dengan melintasi medan yang bergoyang dan bergetar akibat jalan yang jelek, hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada Laptop terutama di perangkat Hadwarenya seperti memori Ram dan Hard disknya.     Kerusakan terutama sering terjadi pada Hard disk karena sifatnya yang rentan terhadap benturan dan goyangan sehingga bila sering terjadi maka akan menimbulkan goresan pada piringan di dalam Hard Disk sehingga menyebakan Hard disk bisa error bahkan hingga muncul bad sector. Usahakan selempangkan tas di samping badan dengan posisi tas jangan di sandarkan keatas jok untuk menghindari getaran atau gunakan tas ransel dengan posisi tas usahakan jangan tersandar diatas Jok.
  2. Cara memegang Laptop.    Cara memegang Laptop jangan menggunakan satu tangan alangkah lebih baik menggunakan dua tangan guna menghindari dari jatuh karena bila jatuh akan menyebakan chasing Laptop rusak atau patah, kerusakan pada hadware dan lainya.
  3. Cara menggunakan Laptop.  Penting untuk mengetahui menggunakan Laptop karena dapat memperpanjang masa pakai Laptop dan kinerja dari Laptop itu sendiri. Kita harus mengetahui kemampuan dari Laptop kita jangan memaksakan menginstal game 3D dan program berat lainya padahal spek Laptop kita tidak seimbang dengan game dan program tersebut  yang tentunya dapat memaksa kinerja Laptop itu sendiri.    Pasanglah Software yang memang dibutuhkan dan sesuai dengan kemampuan Laptop itu sendiri.
  4. Batasi pengintalan yang tidak diperlukan.     Apa lagi pada saat kita terkoneksi dengan program-program di internet karena semakin banyak kita menginstal di dalam Laptop maka akan semakin mengurangi kapasitas di dalam Hard disk sehingga menyebabkan kinerja Laptop menjadi lambat atau hange (berhenti mendadak) karena teralu banyak data yang dibaca.
  5. Berikanlah waktu istirahat pada Laptop.   Memberikan waktu istirahat pada Laptop anda adalah sangat disarankan karena akan memperpanjang usia pakai, jangan memaksakan Laptop dengan bermain game tanpa waktu istirahat karena Laptop  di rancang hanya untuk penggunaan cepat yang sifatnya mobile, bila ingin bermain game gunakanlah Komputer Desktop.
  6. Penggunaan Baterai.         Menggunakan Laptop dengan baterai selalu di pasang pada saat di charge itu tidaklah salah namun bila baterai sudah penuh sangat di sarankan untuk kabel charge adaptor  di lepas dari stop kontak dan gunakan daya pada baterai Laptop saja,  bila ketahanan baterai sudah menurun hingga 10% setelah pemakaian, segeralah memasangkan kembali adaptor ke listrik untuk mengisi kembali daya pada baterai.  membiarkan baterai tetap tercharge meski sudah full charge, ini dapat menyebabkan baterai Laptop cepat drop,   Selain itu Laptop sebaiknya jangan digunakan dengan kondisi baterai di lepas, hal ini untuk melindungi komponen Laptop dari tidak stabilnya listrik dirumah atau di tempat kerja anda.
Baca juga :  Sosok Panser Tarantula Yang Dimiliki Satuan Kaveleri

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat dan menggunakan laptop yang baik dan benar, sehingga usia pakai mampu bertahan lama. Silahkan dicoba, saran dan kritik silahkan tulis dikolom komen yang sudah tersedia.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top