You are here
Home > Pengetahuan > BAHAN MAKANAN YANG TIDAK COCOK DISIMPAN DI KULKAS

BAHAN MAKANAN YANG TIDAK COCOK DISIMPAN DI KULKAS

Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari, tubuh kita membutuhkan sumber energi baik yang berasal dari hewan (hewani) maupun sayur-sayuran (nabati). Bahan makanan yang berasal dari hewan (daging) maupun sayur-sayuran memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, agar stok daging sayuran di rumah kita lebih awet (tahan lama) kebanyakan dari kita menaruhnya di dalam Kulkas, ternyata ada beberapa buah dan sayuran yang tidak cocok bila kita letakkan di dalam kulkas. Kenapa hal itu terjadi ?, karena masing-masing buah atau sayuran memiliki kadar yang berbeda-beda.

Memang pada dasarnya Kulkas adalah tempat yang paling cocok untuk menyimpan bahan makanan agar terhindar atau tidak dihinggapi bibit penyakit. Namun ada beberapa buah dan sayuran yang tidak cocok diletakkan di dalam Kulkas karena ada beberapa karakteristik dari buah dan sayuran tersebut. Buah dan sayuran yang tidak cocok disimpan di dalam Kulkas antara lain;

  1. Alpukat. Alpukat tidak akan matang sampai setelah mereka dipetik dari pohon. Jika Anda membeli alpukat, jangan menyimpannya di kulkas karena memperlambat proses pematangan. Di sisi lain, jika avokad matang dengan sempurna dan Anda tidak siap untuk digunakan, menyimpannya dalam kulkas bisa menundanya menjadi busuk.
  2. Tomat. Tomat bukanlah buah, tapi tergolong sayuran yang sebenarnya lebih baik di suhu panas ketimbang dingin. Lemari es bukanlah tempat yang ideal untuk menyimpan tomat karena bisa membuatnya bertepung. Tomat yang disimpan dalam kulkas menjadi layu dan meskipun masih bisa dipakai untuk dimasak namun tidak untuk dimakan segar. Simpanlah di meja yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari.
  3. Kentang. Kentang menyukai suhu yang sejuk, tapi tidak dingin. Sayuran ini akan segar bila disimpan pada suhu sekitar 10 derajat lebih hangat daripada suhu rata-rata kulkas. Simpanlah dalam kantung kertas dan taruh di tempat yang sejuk. Mengapa kertas? Ini akan membuat kentang bisa bernapas, sedangkan plastik membuat kentang membusuk lebih mudah. Menyimpan kentang pada suhu dingin akan mengonversi pati untuk gula lebih cepat yang dapat memengaruhi rasa dan tekstur.
  4. Bawang. Untuk menjaga agar kulit bawang tetap kering, simpan dalam ruangan kering seperti dapur yang tidak lembap. Kurangnya sirkulasi udara dalam kulkas juga akan menyebabkan bawang rusak.
  5. Kemangi. Sama seperti tomat, kemangi juga tidak baik bila disimpan dalam suhu dingin. Menyimpannya terlalu lama di kulkas akan menyebabkan layu sebelum waktunya. Kemangi akan tetap segar bila disimpan di meja dengan suhu ruangan.
  6. Mangga. Terutama mangga yang belum matang. Lebih baik simpan pada suhu ruangan agar cepat matang. Selain itu, menyimpan mangga juga dapat membuat kulitnya mengkerut dan daging buahnya menipis, sehingga mengurangi kelezatan rasanya.
  7. Semangka. Menyimpan semangka dalam kulkas memang dapat membuat rasanya semakin segar, tapi ternyata memasukkan semangka ke dalam kulkas itu kurang baik. Semangka yang dibiarkan dalam suhu ruangan akan memiliki kadar likopen 40 persen lebih tinggi daripada disimpan di dalam lemari es.
Baca juga :  Perlukah Minum Air Putih Saat Bangun Tidur..??

Semoga menambah pengetahuan para pecinta pengetahuan umum website Kodam XVII/Cenderawasih. Jangan lupa follow twitter@kodam17cen dan add facebook Kodam XVII/Cenderawasih. (Hjr/Cend).

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top