You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Bahaya Ledakan Granat Tangan

Bahaya Ledakan Granat Tangan

Dalam suatu pertempuran, setiap prajurit TNI wajib menyiapkan perlengkapan sebelum terjun langsung di medan perang.  Perlengkapan personil yang harus dipersiapkan diantaranya senjata api, tali sandang, sangkur, rompi anti peluru, helm dan granat. Disini seorang prajurit selain membawa sebuah senjata api, dia juga melengkapi dirinya dengan sangkur dan granat sebagai senjata pelengkap.

Sangkur berguna apabila terjadi perkelahian jarak dekat dengan musuh. Seorang prajurit dapat menggunakan sangkur untuk melukai musuh. Sedangkan granat dapat digunakan apabila dalam suatu keadaan senjata api yang dibawa telah kehabisan munisi atau terjadi kerusakan, disitulah fungsi granat dibutuhkan.

Pada kesempatan kali ini, penulis mencoba memberikan informasi tentang salah satu perlengkapan yang dibawa oleh seorang prajurit tersebut yaitu granat.

Istilah granat  berasal dari bahasa Perancis Kuno dari kata pomegranate atau buah delima yaitu buah yang ukurannya mirip dengan granat genggam, dan memiliki kemiripan biji dalam buah delima sebagai kandungan serpihan granat. Granat adalah senjata peledak yang dilemparkan dengan menggunakan tangan yang mempunyai daya ledak yang luar biasa.

Granat tangan mempunyai berbagai bentuk dan ukuran dengan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada dasarnya granat tangan dirancang untuk meledak dan melontarkan serpihan-serpihan tajam ke segala arah. Ada juga granat yang terbakar, dan melepaskan asap. Tetapi dari semua itu, granat memiliki dua kesamaan yaitu dapat diisi oleh bahan peledak atau bahan kimia dan granat tangan memiliki liang untuk memasukkan sumbu.

Granat mempunyai 4 karakteristik yaitu:

  1. Jarak penggunaan yang dekat. (10-30 meter)
  2. Daerah kerusakan yang kecil.
  3. Ada penundaan ledakan agar bisa dilempar dengan aman. (2 s/d 6 detik)
  4. Kulitnya yang keras membuatnya bisa dipantulkan pada tembok atau tanah

Dengan karakteristik yang disebutkan diatas, granat tangan sangatlah berbahaya apabila salah dalam penggunaan dan haruslah sesuai prosedur jika ingin menggunakannya. Karena granat tangan memiliki jeda waktu untuk meledak dan tidak bisa terkontrol atau diperhitungkan dengan tepat, seringkali di medan perang musuh mengembalikan granat yang telah dilempar demi menghindari ledakan granat tangan.

Yang sangatlah berbahaya dari granat tangan yaitu serpihan ledakan berupa besi atau komponen lainnya yang dapat melukai tubuh dengan daya hembusan yang sangat kuat. Apabila kita pada radius jarak kurang dari 1 meter pasti akan mati, jarak lebih dari 2 meter akan terluka parah dan jarak 3-5 meter akan terkena luka serpihan dan panas.

Baca juga :  Generasi terbaru meriam milik Armed TNI AD (kh-179 Howitzer 155 mm)

Berikut beberapa contoh jenis granat yang dapat penulis berikan:

  1. Granat Serpihan

granat-serpihan

Granat serpihan yang dalam bahasa inggris disebut fragmentation grenade ini terbuat dari besi atau plastik yang dirancang untuk membunuh personel musuh. Granat ini memiliki daya ledak dan dapat memuntahkan serpihan saat meledak karena badannya diisi oleh kawat, serpihan tajam, dan bola-bola besi.

  1. Granat Asap

granat-asap

 

 

 

 

 

 

Granat asap ini terdiri dari 2 jenis, yaitu granat asap berwarna dan granat asap penyembunyi. Granat jenis ini didesain untuk mengelabui musuh agar tidak dapat melihat dan memprediksi gerakan kita. Granat asap berwarna sendiri biasanya terdiri dari beberapa warna, seperti kuning, ungu,  hijau dan merah.

  1. Granat Anti-Kerusuhan

granat-anti-kerusuhan

 

 

 

 

 

 

Sebenarnya granat jenis ini lebih dikenal dengan gas air mata. Gas yang terdapat pada granat ini berupa gas GS atau (Chlorobenzol malononitrile) yang dapat mengakibatkan iritasi mata bahkan kulit melepuh. Sesuai dengan namanya, fungsi granat ini adalah untuk membubarkan segerombolan orang yang sedang kerusuhan.

  1. Granat Pembakar

granat-pembakar

 

 

 

 

 

 

 

Granat jenis ini hampir serupa dengan granat jenis asap dan gas. Bedanya, granat pembakar dapat menghasilkan panas yang tinggi ( dapat mencapai 2500 derajat Celcius). Panas yang dihasilkan karena adanya reaksi kimia dalam badan granat yaitu 600-800 gr thermat yang dapat membakar dan menembusi 12,7 mm kepingan baja.

  1. Granat Kejut

granat-kejut

 

 

 

 

 

Granat kejut yang memiliki nama lain flashbang ini awalnya dipakai oleh serdadu asal inggris yang fungsinya membutakan lawan dalam perang. Dijuluki flashbang karena dapat menghasilkan cahaya yang tentunya membutakan dan menghasilkan suara ledakan yang keras.(ayobacadotcom)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top