You are here
Home > Dari Media Lain > Batalyon Pengganti Satgas Pamtas RI-PNG Tiba Di Jayapura

Batalyon Pengganti Satgas Pamtas RI-PNG Tiba Di Jayapura

Jayapura – Tiga Batalyon yang terdiri dari Yonif Linud (Batalyon Infanteri Lintas Udara) 700/R, Yonif 122/Tombak Sakti dan Yonif Mekanis 516/CY telah tiba di tanah Papua, rencana Batalyon tersebut akan bertugas di Papua, sebagai Satgas Pamtas (Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan) RI-PNG, yang akan menggantikan Satgas Pamtas yang lama dari Yonif 411/Kostrad dan Yonif 406/CK yang telah selesai melaksanakan tugas selama 9 bulan di Tapal Batas RI-PNG.

Kapendam (Kepala Penerangan Kodam) XVII/Cen Kolonel Inf Teguh Puji Raharjo mengatakan, bahwa pasukan Satgas Pamtas yang baru datang saat ini masih ditampung di Markas Komando Daerah Militer XVII/Cen (Makodam), dan akan menerima pembekalan serta penjelasan tentang wilayah Papua, agar lebih mudah prajurit untuk beradaptasi dengan lingkungan dan masyarakat.

Kapendam XVII/Cen juga mengatakan melalui rilisnya, bahwa rencananya Satgas Pamtas Yonif 122/TS akan menempati Pos Sektor Jayapura-Keerom, Yonif Mekanis 516/CY akan menempati di sektor tengah dan Yonif 700/R menempati sektor bawah Pegunungan Bintang.

Penugasan Satgas Pamtas diadakan roling selama 9 bulan sekali secara bergantian, hal tersebut dilakukan agar prajurit yang melaksanakan tugas Satgas Pamtas tetap fresh dan tidak meraa jenuh, sehingga dalam melaksanakan tugas di lapangan dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh tangung jawab untuk mengamankan wilayah perbatasan.

Baca juga :  Kapal Bendera PNG Diamankan Lantamal X Jayapura

Sebelum memasuki pos-pos Pamtas, Satgas akan mendapatkan pembekalan tentang situasi Papua secara umum maupun secara khusus, baik geografi, demografi maupun kondisi sosial, sehingga dalam melaksanakan tugas bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan dan tempat penugasan.

Pembekalan diberikan oleh Panglima Kodam XVII/Cen selaku Pangkoops (Panglima Komando Operasi) dan Danrem 172/PWY (Komandan Korem) selaku Dankolakops (Komandan Komando Pelaksanaan Operasi) serta dari Pemda (Pemerintah daerah) Keerom. Setelah selesai melaksanakan pembekalan-pembekalan maka Satgas Pamtas tersebut baru bisa masuk ke pos yang telah ditentukan, untuk melaksanakan tugas Pamtas RI-PNG. (Prd/Cen).

Sumber : Koran Cenderawasih Pos Hal 9 Edisi 11-07-2016 (Media Lain)

 

Leave a Reply

*

Top