You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Beladiri Yongmoodo TNI AD

Beladiri Yongmoodo TNI AD

Memiliki fisik yang tangguh, pandai beladiri merupakan beberapa karakteristik yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit TNI. Selain itu, menjadi sebuah keharusan bagi seorang TNI memiliki kemampuan beladiri yang mumpuni untuk menghadapi segala situasi dan kondisi yang terkadang tidak dapat diprediksi oleh seorang prajurit.

Saat ini latihan beladiri yang wajib dikuasai oleh seorang prajurit adalah beladiri yongmoodo. Yongmoodo merupakan seni bela diri yang berasal dari Korea. Latihan Yongmoodo dirasa tepat untuk membentuk para prajurit sebab bela diri ini merupakan kesatuan dari berbagai seni bela diri, dengan memadukan berbagai gerakan dari berbagai bela diri, seperti bela diri Taekwondo, Kumdo, Hapkido, Boxing, Judo, Ssirum dan Hon Sin Sul. Untuk itu, bela diri ini merupakan seni bela diri yang sangat tepat, sebab mencakup berbagai jurus, gaya maupun teknik dari berbagai macam bela diri.

Seni Bela diri yang menggunakan tangan kosong ini sudah menjadi bela diri wajib di tubuh TNI Angkatan Darat mulai dari tahun 2008. Ilmu bela diri yongmoodo untuk pertama kali diperkenalkan pada saat perayaan HUT TNI pada tahun 2008 silam.

Awal terbentuknya Beladiri Yong Moo Do bermula sejak tanggal 15 Oktober 1995 pada saat The Martial Reearch Institut dari Yong In University Korea menciptakan seni bela diri Yongmoodo yang berasal dari gabungan dari bela diri Judo, bela diri Taekwondo,  bela diri Apkido, bela diri Ssirum, dan bela diri  Hon Sin Sul. Asal dari Yongmoodo merupakan bela diri Hon Sin Sul yang bermakana Beladiri.

Beladiri Yongmoodo sendiri sudah mendapat pengakuan global, bahwa seni bela diri tersebut sangat efektif untuk mengahadapi agresi versus dari segi manapun, Spesifiknya adalah olahraga gabungan dari beladiri perkelahian jarak dekat. Dengan dominasi terhadap seni bela diri ini, akan menjadikan prajurit lebih berkualitas dari segi kemampuan menghadapi lawan. Beladiri Yongmoodo akan dikembangkan ke seluruh Indonesia yang diharapkan dapat mewujudkan sifat maupun watak patriotisme. Seni beladiri Yongmoodo sendiri mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat. Yongmoodo sendiri memiliki tujuan positif melatih keberanian serta patriotisme kepada para prajurit sebagai garda terdepan pengamanan terhadap NKRI.

Baca juga :  Bahaya Ledakan Granat Tangan

Namun melihat karakteristik beladiri ini yang sangat komplit, karena menggabungkan berbagai jenis beladiri itu sebabnya beladiri ini juga memliki tingkat dan resiko cedera yang cukup tinggi. Yongmoodo memerlukan latihan yang kekal, harus di latihkan dengan baik untuk memperkecil resiko latihan yang bersifat fatal. Pelatihan seni beladiri Yongmoodo memerlukan persiapan yang cukup lama dan pengenalan tentang tehnik – tehnik dasar. Untuk mengefisienkan kemungkinan – kemungkinan kecil terluka yang di alami, maka dari itu perlu adanya pengawasan dan pelatihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut agar resiko dan keselamatan latihan tidak berakibatkan fatal.

Rangking dan warna sabuk yang ada dalam beladiri Yongmoodo adalah :

  1. Rangking 10 = Sabuk putih
  2. Rangking 9 = Sabuk Kuning
  3. Rangking 8 = Sabuk Kuning
  4. Rangking 7 = Sabuk Hijau
  5. Rangking 6 = Sabuk Hijau
  6. Rangking 5 = Sabuk Biru
  7. Rangking 4 = Sabuk Biru
  8. Rangking 3 = Sabuk Coklat
  9. Rangking 2 = Sabuk Coklat
  10. Rangking 1 = Sabuk Merah

Setelah Sabuk Merah maka para peserta Beladiri Yongmoodo dapat Dan I atau Sabuk Hitam dengan kemampuan meliputi Teknik Skill Dasar, Menengah, Tingkat mahir serta penggunaan alat.

Dalam PON XIX 2016 kali ini Yongmoodo merupakan salah satu cabang olahraga eksebisi dimana akan dipertandingkan, dan  digelar mulai tanggal 22 sampai dengan 24 September 2016 lalu dan diikuti sejumlah 272 peserta dan 43 orang sebagai juri atau wasit. Walaupun belum secara resmi, namun hal itu dilakukan dengan tujuan utama memperkenalkan Yongmoodo kepada masyarakat luas. Dengan demikian, diharapkan pada PON XX tahun 2020 di Papua nanti, Yongmoodo menjadi cabang olahraga resmi dipertandingkan.

Leave a Reply

*

Top