You are here
Home > Pengetahuan > Referensi > Belajar Bersahabat “Petunjuk Nabi Agar Menjadi Pribadi Menarik dan Menyenangkan”

Belajar Bersahabat “Petunjuk Nabi Agar Menjadi Pribadi Menarik dan Menyenangkan”

Judul              : Belajar Bersahabat “Petunjuk Nabi Agar Menjadi Pribadi Menarik dan Menyenangkan”

Penulis          : Ahmad Mahmud Faraj

Penerjemah : Shofia Tidjani

Penerbit         : Zaman

ISBN               : 978-979-024-342-2

Cetakan         : 2013

Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Ahmad Mahmud Faraj memberikan tuntunan kepada para pembaca untuk menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan. Dalam sisi lain juga, buku ini memberikan penjelasan bahwa Islam memberikan arahan kepada semua umatnya agar setiap tindakan yang kita lakukan tidak hanya untuk kebutuhan duniawi melainkan juga Ukhrawi dan atas keridhaan dari Allah SWT.

Pada bagian pertama buku ini,  menyuguhkan beberapa cara untuk menjadi pribadi yang ramah, kuat, dan rendah hati. Yang perlu dilakukan dalam memperbaiki diri yaitu dengan menaati segala perintah Allah, karena dengan seperti itu dapat memperbaiki dan menumbuhkan keseimbangan pada jiwa dan raga. Selain itu, penulis juga menghadirkan teladan-teladan Nabi, para sahabat dan para salafush shalih dalam menjalin hubungan sosial. Penulis juga menyertakan beberapa kalimat motivasi yang dapat membangun semangat dan menggugah jiwa.

Pada bagian kedua, menampilkan beberapa hal yang harus dihindari dalam berinteraksi sosial. Hal-hal yang harus dihindari tersebut seperti menggunjing, berbohong, dengki dan sombong. Dalam menyikapi hal-hal tersebut, penulis juga memberikan kiat-kiat untuk menghadapi orang sombong dan sikap saat kita disakiti berdasarkan Al Quran dan hadis.

Baca juga :  Harus Bisa - Resensi Buku SBY

Untuk bagian ketiga, berisi tentang ketauladanan Rasulullah SAW, psikologi kenabian dan kalimat-kalimat yang tidak disukai Rasulullah SAW saat berinteraksi sosial.

Buku ini cukup baik untuk dijadikan sebagai bahan bacaan bagi umat muslim khususnya karena juga memberikan bimbingan bagi seluruh umat muslim untuk selalu berhias diri dengan budi pekerti yang luhur. Buku ini juga menyertakan kata-kata mutiara dari para sahabat dan ulama yang dapat menggugah jiwa serta kesadaran kita dalam membangun interaksi sosial.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top