You are here
Home > Tulisan > Bermasalah Dengan Tembok Retak Rambut Dan Air Rembesan..??

Bermasalah Dengan Tembok Retak Rambut Dan Air Rembesan..??

Tembok rumah yang lembab, basah karena rembesan air sungguh sangat tidak enak dipandang. Selain menjadi perusak nilai estetika juga dapat merusak nilai kesehatan dari rumah tersebut.

Tembok yang basah atau lembab bisa jadi karena saat pembuatan rumah tersebut campuran semen dan pasir kurang seimbang, atau juga karena retakan yang ditimbulkan karena pergerakan tanah karena gempa atau kejadian alam lainnya.

Ciri-ciri dari tembok yang lembab atau basah diantaranya:

  • Bercak-bercak seperti jamur yang muncul pada dinding rumah
  • Penggelembungan dan pengelupasan cat
  • Ruangan akan menjadi lembab
  • Munculnya bau tak sedap, terutama didalam ruangan.
  • dll

Permasalahan ini bisa kita atasi dengan cara sederhana ini.

Pertama, plesteran dinding lama yang rembes (karena retak rambut) atau lembab dibagian dalam rumah bisa dikupas atau dibobok sampai bertemu dengan lapisan batu bata/batako atau beton.

Kedua, bersihkan dan lembabkan permukaan batu bata/batu tela atau beton tersebut. Ketiga, buat campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:2 (1 pasir untuk 2 semen).

Baca juga :  Inspirasi di Hari Kartini

Keempat, plester dinding rembes atau lembab tadi dengan bahan campuran tersebut. Lebih bagus lagi jika anda berinisiatif mempercantiknya dengan memasang keramik.

Apabila plesteran kita itu pun masih juga lembab atau merembes, sahabat dapat mencoba kompon atau plamir dinding dan waterproofing.

Waterproofing adalah semen atau bahan khusus yang berfungsi untuk mencegah air melewati bidang yang di waterproofing. Sahabat dapat mencarinya di toko bangunan, beberapa merk waterproofing dijual bebas.

Selama masih bisa kita tangani sendiri permasalahan tersebut, kenapa tidak kita kerjakan. Jangan sampai kita terus mengandalkan tukang bangunan hanya untuk mengatasi masalah kecil tersebut.

Semoga berbagi tips dan informasi kali ini bermanfaat untuk para sahabat ksatria. Sampai jumpa di tips dan informasi lainnya.

Leave a Reply

*

Top