You are here
Home > Dari Media Lain > BKKBN Perwakilan Papua Gandeng Kodam XVII/Cenderawasih Berikan Pembinaan Mental Bagi Remaja

BKKBN Perwakilan Papua Gandeng Kodam XVII/Cenderawasih Berikan Pembinaan Mental Bagi Remaja

JAYAPURA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Papua menggandeng Kodam XVII/Cenderawasih dalam menggelar ceramah pembinaan mental bagi remaja diberbagai perwakilan agama yang terdiri dari, Mesjid, Gereja, Pura dan Vihara di Kota Jayapura.

Ceramah pembinaan mental yang berlangsung di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (19/5) dihadiri langsung Kabintal Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Livendi dan narasumber dari perwakilan BKKBN Provinsi Papua, Dra. Suratmin, M.Si, dan sekitar 30 lebih remaja di Kota Jayapura.

Kepada wartawan, Dra. Suratmin, M.Si, selaku narasumber dari perwakilan BKKBN Provinsi Papua, mengatakan, kegiatan ceramah pembinaan mental bagi kalangan remaja yang dilakukan perwakilan BKKBN Provinsi Papua bekerjasama dengan Kodam XVII/Cenderawasih, bertujuan untuk memberikan pengertian, kesadaran sekaligus merubah mindset supaya anak-anak remaja di Papua, khususnya di Kota Jayapura menjadi remaja yang tangguh, remaja yang memasuki perkawinan dimasa yang akan datang.

“Ceramah pembinaan mental yang berlangsung selama satu hari ini sangat strategis. Sebab kegiatan tersebut berkaitan erat dengan remaja itu sendiri, terutama dalam memberikan materi penguatan mental tentang usia perkawainan dini, persiapan ketika mereka menjalani kedewasaan,”katanya.

Menurutnya, dengan ceramah pembinaan mental yang diberikan maka kalangan remaja yang ada dapat mempertimbangkan sebelum mengambil suatu keputusan, apalagi dalam menentukan perkawinan atau pernikahan di masa kedewasaan.

“Memang kami melihat dampak perkawinan dini sangat banyak bagi kalangan remaja sehingga melalui kegiatan ini mereka bisa membentuk suatu wadah yang bisa digunakan sebagai konseling atau-tukar informasi bagi mereka sendiri. Mereka juga bisa berkomunikasi tentang bagaimana persiapan kehidupan berkeluarga.” ujarnya.

Baca juga :  Tak Boleh Ada Kata Referendum

Sementara itu, Kabintal Kodam XVII/Cenderawasih. Kolonel Livendi mengakui, bahwa pembinaan remaja di Kota Jayapura sangat terbatas sehingga pihaknya punya niat untuk bekerjasama dengan perwakilan BkkbN untuk bersama-sama memberikan masukan agar anak-anak di Papua, khusus di Kota Jayapura bisa dibimbing ke arah positif dan secara tidak langsung merubah mindset mereka.

“Materi yang diberikan yakni, tentang pembinaan rohani terutama menguatkan mereka dalam beribadah sehingga ketika melaksanakan pergaulan diluar konteks selalu mengingat tentang ajaran agamanya itu sendiri,”katanya.

Untuk itu, Livendi berpesan agar para remaja tidak mudah terpengaruh dengan situasi-situasi di lingkungannya itu sendiri. (Loy/art/lo2)

 

Sumber: Bintang Papua 20 Mei 2015 Halaman 3

Leave a Reply

*

Top