You are here
Home > Tulisan > Rohani > Bulan Ramadhan Bulan Penuh Rahmat dan Ampunan

Bulan Ramadhan Bulan Penuh Rahmat dan Ampunan

Bulan Suci Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penggalan hijriyah (Sistem penanggalan Islam). Bulan ini sangat istimewa bagi umat islam dan banyak keutamaan didalamnya. Ibarat bercocok tanam, kita diwajibkan di dalam bulan suci ramadhan ini untuk berbuat baik sebanyak-banyaknya karena di dalam bulan ini amal pahala kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Bulan suci ini yang didalamnya penuh dengan berkah, hikmah dan memiliki kedudukan yang agung di mata kaum umat muslim. Hati mereka selalu merasa nyaman, bahagia dan senang ketika bulan Ramadhan telah tiba. Semangat untuk berbuat baik dan melaksanakan ketaatan meningkat, sehingga semangat dalam jiwanya yang merasa ringan untuk melaksakanan ketaatan dan meninggalkan kemungkaran.

Kegiatan yang selalu dilakukan pada bulan suci ramadhan adalah Puasa. Puasa merupakan terjemah dari shoum (bahasa Arab) yang berarti menahan diri dari sesuatu. Sedangkan menurut istilah, puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa dimulai dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (maghrib). Puasa hukumnya wajib bagi umat Islam yang sudah balig, dimana usia balig bagi kaum hawa (wanita) usia 9 tahun atau yang sudah mengalami haid, sedangkan bagi kaum laki-laki usia 7 tahun.

Sebagaimana firman Allah SWT :

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (QS.Al-Baqarah :183).

Di dalam bulan suci ramadhan, berpuasa juga memberikan manfaat yang banyak bagi rohani maupun jasmani kita diantaranya;

–       untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh,

–       sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung,

–       menurunkan glukosa darah serta berat badan,

–       membersihkan racun dalam tubuh dan baik untuk kesehatan mental.

Oleh sebab itu bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan bagi umat muslim, karena didalamnya terdapat segala macam kebaikan. Sehingga kita sebagai umat muslim harus lebih meningkatkan ketakwaan kita untuk berserah diri kepada-NYA. Berikut adalah Sabda Rasulullah Sallallahu ‘alaihi Wasallam yang menerangkan tentang kelebihan bulan ramadhan diantaranya :

  1. Siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan nescaya akan diampuninya segala dosanya yang telah lalu.(HR Imam Nasa’i, Ibn Majah, Ibn Hibban dan Baihaqi-).
  2. Setiap amalan anak Adam baginya melainkan puasa maka ia untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. Dan puasa adalah perisai, maka apabila seseorang berada pada hari puasa maka dia dilarang menghampiri (bercumbu) pada hari itu dan tidak meninggikan suara. Sekiranya dia dihina atau diserang maka dia berkata : Sesungguhnya aku berpuasa demi Tuhan yang mana diri Nabi Muhammad SAW, ditangan-Nya maka perubahan bau mulut orang berpuasa lebih harum di sisi Allah SWT, pada hari kiamat daripada bau kasturi, dan bagi orang berpuasa dua kegembiraan yang mana dia bergembira dengan keduanya apabila berbuka dia bergembira dengan waktu berbukanya dan apabila bertemu Tuhannya dia gembira dengan puasanya. (HR. Bukhari, Muslim, Nasa’i, Ahmad, Ibn Khuzaimah, Ibn Hibban – Baihaqi).Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berbuka puasa maka dia memperoleh pahalanya, dan pahala bagi yang (menerima makanan) berpuasa tidak dikurangi sedikitpun (HR Tirmidzi).
Baca juga :  10 TEMAN IBLIS

Marilah kita senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap Allah SWT agar kita selalu mendapatkan ridho dan petunjuk dalam menjalankan kehidupan ini, diperkaya dengan ilmu, dihiasi dengan kesabaran, dimuliakan dengan ketaqwaan, selalu diberikan kesehatan, Aamiin Ya Rabbal Alamin. (La/Cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top