You are here
Home > Pengetahuan > Cara Berkebun Salak Yang Baik Dan Benar

Cara Berkebun Salak Yang Baik Dan Benar

Tanaman salak merupakan salah satu tanaman buah khas daerah yang beriklim tropis. buah ini sangat disukai dan  memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kerena buah salak banyak mengandungan vitamin A, B dan C. Buah salak juga dapat mengatasi diare, dan menyembuhkan rabun senja serta dapat menjaga stamina setiap orang dan sangat mudah dalam perawatannya.

Di negara Indonesia sendiri memiliki 3 jenis buah salak. diantaranya salak jawa salacca zalacca (Gaetner) yang berbiji 2-3 butir, salak Bali slacca amboinensis(Becc) Mogea berbiji 1-2 butir dan salak Padang Sidempuan salacca sumatrana(Becc)  yang memiliki ciri khas berdaging merah. Jenis salak ini mempunyai nilai komersial yang sangat tinggi.

Terdapat alat – alat yang di perlu disiapkan ketika akan berkebun antara lain :

  1. Cangkul
  2. Bibit yang siap di tanam
  3. Keranjang untuk membawa bibit
  4. Pisau (untuk menyobek polybek yang ada pada bibit )

Tahapan – tahapan yang perlu diperhatikan pada saat berkebun buah salak. yaitu :

1. Proses Pemilihan Bibit

Sebelim menanam proses pemilihan bibit sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan dan hasil panen yang akan di dapat.  Apabila inginkan hasil buah yang baik dan berkualitas maka harus menggunakan bibit yang berkualitas pula.

2. Tanah.

Tanaman salak menyukai tanah yang subur, gembur dan lembab. Tanaman salak tidak tahan dengan genangan air, untuk pertumbuhannya tanaman ini membutuhkan kelembapan tanah yang tinggi. Sehingga pada saat akan menanam kita pertama Galilah tanah sedalam 25cm atau 30cm.  jika sudah menjadi lubang bisa diberi pupuk kandang atau jika tidak ada, beri obat pestisida untuk menghindari serangan rayap tapi jangan terlalu banyak pupuk kandangnya karena ini hanya untuk membuat penyuburan di waktu masa tumbuh. Dan Jika sudah, buka polybek yang ada di akar bibit/cangkokan lalu masukan ke dalam tanah yang sudah di kasih lubang dan pupuk tadi.

Baca juga :  HATI-HATI, KARENA SALAH SELFIE DISANGKA GANGGUAN JIWA

3. Pemeliaraan Tanaman

Setelah proses penanaman, tanaman perlu dilakukan proses peliharaan yang baik dan teratur, sehingga diperoleh produksi kebun yang baik. Salah satunya memberi pupuk agar tanaman menjadi subur dan memperoleh hasil panen yang memuaskan.

4. Panen

Buah salak dapat di panen setelah betul-betul matang dipohon, biasanya brkisar 6 bulan setelah bunga mekar (anthesis). Hal ini di tandai warna kulit buah merah kehitamanan atau kuning tua serta bulu-bulunya telah hilang. Ujung kulit buah terasa lunak bila di tekan, bila dipetik mudah terlepas dari tangkai dan beraroma khas buah salak. Tanaman memilki 4 masa musim panen buah salak yaitu Panen Raya pada bulan November, Desember, dan Januari. Panen Sedangkan pada bulan Mei, Juni dan Juli. Panen kecil pada bulan Februari Maret dan April.

Oleh sebab itu, berkebun salak sangat menguntungkan Karena memiliki 4 masa panen dalam setahun dan perawatannya tidak begitu sulit serta memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sehingga berkebun salak merupakan peluang usaha yang bisa diandalkan.hanya inilah tips tentang cara berkebun salah yang baik dan benar, semoga dapat bermanfaat. Selamat mencoba….!! (ads)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top