You are here
Home > Berita > Cara Cerdas Satgas Pamtas Membuat Bubu Penangkap Ikan Berbahan Rotan

Cara Cerdas Satgas Pamtas Membuat Bubu Penangkap Ikan Berbahan Rotan

Boven Digoel – Berbagai macam cara dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di daerah perbatasan RI-PNG, menggelar pelatihan membuat bubu penangkap ikan dengan menggunakan bahan rotan, bertempat di Kp. Upkim, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, pada Senin (04/09).

Masyarakat memberikan respon positif atas digelarnya kegiatan tersebut. Dengan serius dan penuh semangat, mereka memperhatikan cara membuat bubu ikan yang dipraktekkan oleh Kopda Imran Mandjurungi, anggota Pos Km. 116 Satgas Yonif 405/SK.

”Bubu ini adalah alat penangkap ikan tradisional dengan bahan utama rotan atau bambu yang dijalin sedemikian rupa hingga berbentuk kerucut. Pada akhir penjalinanya, mulut bubu dibuat seperti corong, mulut bubu ini adalah pintu ikan masuk, tetapi tidak dapat keluar lagi, sehingga pintu ini merupakan bagian tempat mengambil hasil tangkapan ikan”, jelas Kopda Imran.

Dansatgas Yonif 405/SK Letkol Inf Diantoro, S.I.P menyampaikan, bahwa kegiatan sosialisasi membuat bubu penangkap ikan tersebut digelar dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menangkap ikan untuk meningkatkan penghasilan serta pemenuhan gizi masyarakat, karena sebagian masyarakat perbatasan RI-PNG masih memanfaatkan hasil satwa sebagai sumber mata pencaharianya, yaitu berburu binatang dihutan atau memancing, menombak dan memanah ikan disungai. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top