You are here
Home > Pengetahuan > Cara Menghilangkan Bau Sepatu Yang Kurang Sedap

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Yang Kurang Sedap

Bau tidak sedap di sepatu sangat wajar terjadi, hal ini dikarenakan keadaan di dalam sepatu lembab dan kurangnya sirkulasi udara, sehingga bau tidak sedap itu muncul di sepatu, hal ini tentu saja sangat mengganggu bagi kita dan rekan yang ada disekitar kita apabila ketika kita akan melepas sepatu di tempat umum seperti saat akan masuk masjid, tentu saja hal tersebut akan membuat masalah dan percaya diri menurun.

Jenis sepatu terdiri dari berbagai macam model dan kegunaannya, dengan bentuk dan bahan yang berbeda-beda, dan cara membersihkan sepatu pun juga berbeda. Contohnya, sepatu kulit dan sepatu kain yang pastinya memiliki cara berbeda untuk pembersihannya. Sayangnya, tak semua orang sadar akan kebersihan sepatu mereka, alhasil sepatu akan menjadi sangat bau jika tidak merawat dan membersihkan sepatu dengan baik.

Sebenarnya sangat sederhana untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu, tidak banyak hal yang perlu dilakukan untuk selalu menjaga sepatu agar tetap bersih, segar dan tak berbau.

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan bau tidak sedap di sepatu.

Pertama, bersihkan sepatu satu minggu sekali, bisa dengan mencucinya atau cukup dibersihkan dari debu dan kotoran. Setelah selesai tahap pembersihan, kemudian angin-anginkan sepatu ditempat terbuka sebelum menyimpannya, semprotkan disinfektan atau pewangi sepatu ke dalam sepatu, hal tersebut bertujuan untuk membunuh bakteri yang bersarang pada sepatu yang menimbulkan bau tidak sedap.

Kedua, jika kaki sering berkeringat, gunakan bedak pada kaki sebelum menggunakan kaos kaki dan sepatu, bedak berguna untuk menjaga kaki tetap kering, dan harus ingat jangan menggunakan sepatu saat dalam keadaan basah atau dalam keadaan kaki berkeringat.

Baca juga :  Apa Itu Rompi Anti Peluru ?

Ketiga, baking soda dapat digunakan untuk mengatasi bau pada sepatu, caranya dengan menaburkan baking soda ke dalam sepatu saat malam hari, keesokan harinya tinggal membersihkan bubuk baking soda tersebut dan bau kaki akan lenyap atau bisa juga dengan menggunakan bedak bayi sebagai pengganti baking soda.

Keempat, berikan sirkulasi udara untuk sepatu caranya dengan melepaskan seluruh tali sepatu kemudian keluarkan alas sepatu untuk diangin-anginkan dan cucilah kaos kaki dengan menggunakan produk disinfektan, dengan menjaga kebersihan kaos kaki dapat mengurangi munculnya bau pada sepatu.

Dan jangan lupa untuk memperthatikan tempat penyimpanan sepatu, tempatkan sepatu di area terbuka dengan sirkulasi udara yang baik, dan hindari terkena sinar matahari langsung. Demikian yang bisa tim penulis bagikan buat pembaca, semoga tips tersebut berguna untuk kita semua, “salam sehat untuk kita semua”.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top