You are here
Home > Pengetahuan > Cara Mudah Menikmati Olahan Kepiting

Cara Mudah Menikmati Olahan Kepiting

Papua memiliki alam yang sangat kaya, baik flora, fauna dan segala yang terkandung didalam tanah seperti hasil pertambangan, mineral dan gas alam. Flora seperti berbagai macam jenis anggrek banyak ditemukan di hutan papua.  sedangkan fauna yang ada seperti burung cenderawasih hanya ada di hutan papua yang juga menjadi ciri khas untuk papua.

Bagi yang sudah pernah mengunjungi atau pernah tinggal di papua pasti sudah mengetahui ciri khas hewan di setiap daerah di papua yang terkenal. Seperti di merauke terkenal dengan hewan rusa. Dari merauke sangat khas apabila membawa oleh-oleh bakso rusa dan dendeng rusa. Dari daerah seperti manokwari terkenal dengan abon gulung yang terbuat dari olahan daging sapi. Kemudian dari timika terdapat jenis hewan yang unik menjadi oleh-oleh yaitu kepiting.

Di timika kepiting jenis karaka sangat banyak karena daerah timika banyak berupa rawa-rawa. Kepiting karaka disana memiliki ukuran yang cukup besar. Paling kecil saja seukuran telapak tangan orang dewasa. Karaka dijual dengan cara mengikat kedua capit dan kakinya yang kemudian dibalut dengan daun khas. Harga persatuan rata-rata sekitar 20 ribu rupiah tergantung besar kecilnya karaka tersebut

Penulis ingin membagi cara menikmati yang mudah dari olahan kepiting karaka tersebut. Dengan alat bantu berupa cobek atau tempat biasa membuat sambal kita akan mudah menikmati seluruh bagian tubuh dari kepiting karaka. Bagaimana cara pakainya? Cukup mudah, pertama ambil bagian tubuh yang ingin dinikmati kemudian letakkan bagian tubuh karaka tersebut di cobek dan pukul dengan ulekan maka cangkang tubuh karaka tersebut akan hancur dan kita akan mudah mengambil daging isi dari bagian tubuh karaka tersebut.

Baca juga :  Melogikakan Rukun Islam Bagi Kesehatan Fisik dan Psikologis Manusia

Cara ini sudah penulis pelajari dan paling mudah dan efisien dibanding cara lain yang menggunakan tang, pisau tumpul atau meja besar dengan alas yang lebar sebagai tempat makan. Banyak dari kita yang tidak memiliki tang khusus untuk menyantap kepiting, kemudian pisau tumpul khusus dan meja lebar berikut alasnya. Dengan cara ini kita manfaatkan alat yang ada dengan efisien dan kotoran dari proses pembukaan cangkang pun hanya ada di cobek tersebut sehingga kita mudah dalam proses pembersihan.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top