You are here
Home > Pengetahuan > Cara Passing Dan Mengontrol Bola Yang Benar

Cara Passing Dan Mengontrol Bola Yang Benar

Olahraga Sepak bola merupakan jenis olahraga yang digemari oleh seluruh rakyat di Indonesia bahkan di seluruh Dunia. Olahraga sepak bola ini menjadi olahraga yang paling populer di jaman modern ini, mungkin juga bisa dikatakan olahraga sepanjang masa.

Olahraga sepak bola adalah olahraga yang menggunakan kaki dan kepala, dimana dalam pertandingan Sepakbola terdiri dari dua tim yang saling berhadapan di lapangan rumput yang berukuran panjang 90-110 meter, lebar 45-90 meter, jari-jari lingkaran tengah 9,15 meter, daerah gawang 18,3 x 5,5 meter, daerah pinalty 40,3 x 16,5 meter, jarak titik tendangan hukuman pinalty dengan garis gawang 11 meter. dalam satu tim sepak bola yang bermain berjumlah 11 pemain, 1 diantaranya menjadi penjaga gawang alias Kiper yang bertugas untuk menjaga gawang yang berukuran tinggi 2,4 meter, dan lebar 7,3 meter menggunakan seluruh tubuh untuk menjaga ataupun memblock bola dari serangan yang datang dari tim lawan. Waktu yang digunakan ialah 2 x 45 menit dalam satu pertandingan.

Di dalam permainan Sepak bola, Setiap pemain dituntut untuk bisa mendribel (menggiring), mengotak atik bola,  shooting, Passing (mengoper) dan mengontrol (menahan) bola. Lain halnya dengan kiper.

Kali ini saya akan menjelaskan cara dasar bermain sepak bola, yaitu Passing (mengoper) dan Kontrol (menahan) Bola.

Setiap pemain profesional Indonesia seperti Boaz salosa (Borneo Fc) maupun Cristian Gonzales (Arema Fc) mempunyai kualitas passing dan kontrol serta fisik prima yang patut diacungi jempol, mereka bisa seperti itu tidak lain karena sudah menguasai teknik dasar dan senantiasa berlatih.

Cara Passing bola yang baik dan benar di bagi menjadi dua, passing kaki luar dan passing kaki dalam. Passing kaki luar adalah Passing menggunakan kaki bagian luar, Passing kaki luar cenderung dilakukan pada saat berlari atau pada saat sedang mendribel (menggiring) bola. Sedangkan passing kaki dalam menggunakan kaki bagian dalam atau punggung kaki. Passing kaki dalam cenderung dilakukan saat selesai mengontrol bola dan diteruskan dengan passing kaki dalam tanpa mendribel (tenang ditempat).

Baca juga :  Mengatasi Kram Perut Saat Berlari

Cara mengontrol bola yang baik dan benar juga ada dua macam, yakni kontrol bagian luar, kontrol bagian dalam dan kontrol mengunakan dada. Kontrol bagian luar adalah mengontrol bola menggunakan kaki bagian luar. Kontrol bagian luar adalah menahan bola yang melambung tinggi yang di tujukan pada kita. Sedangkan kontrol bagian dalam adalah mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam. Kontrol bagian dalam cenderung dilakukan pada bola mendatar yang di tujukan pada kita. Kontrol menggunakan dada sangat simpel (mudah) ddilakukan saat bola sedang melambung tinggi, caranya adalah dengan membuka tangan dan membusungkan dada terlebih dahulu kemudian saat bola sudah dekat dengan dada segera hantarkan (kembalikan) dada seperti semula lagi, dengan begitu bola akan tenang dan jatuh tepat di kaki anda.

Passing bola dapat dilakukan menggunakan kaki kanan maupun kiri tergantung kaki mana yang anda biasa gunakan pada saat bermain sepak bola. Sedang kontrol bola bisa dilakukan menggunakan kaki mana saja tergantung bola yang datang dari arah mana. Faktor yang mempengaruhi kontrol maupun passing adalah cuaca, apalagi saat sedang hujan dan lapangan mulai becek, kekuatan passing harus lebih ditambah atau lebih dimaksimalkan, sedangkan untuk mengontrol bola, anda harus lebih fokus terhadap bola dan selalu waspada jika lawan ingin merebut bola.

Demikian sedikit pengetahuan tentang Passing dan Kontrol dalam olahraga sepak bola, semoga bermanfaat. A.R

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top