You are here
Home > Pengetahuan > CARA SEDERHANA MEMPERBAIKI KERUSAKAN KOMPUTER MATI TOTAL ATAU BLANK

CARA SEDERHANA MEMPERBAIKI KERUSAKAN KOMPUTER MATI TOTAL ATAU BLANK

Cara sederhana Memperbaiki Kerusakan Komputer Mati Total atau Blank. Acap kali anda pernah mendapati komputer/laptop/notebook Anda tiba-tiba mati total atau komputer anda tidak bisa booting dan pada layar monitor tidak menampilkan apa-apa alias blank. Lantas apa yang harus anda eksekusi untuk menyembuhkan komputer anda yang rusak tersebut ?

Nah pada kesempatan kali ini saya akan share info tentang cara sederhana memperbaiki/mendiagnosa untuk mengetahui penyebab kerusakan pada komputer yang mati total atau blank tersebut. Nah langsung saja silahkan anda siap-siap untuk melakukan berberapa pengecekan dan rescure seperti berikut ini:

1. Periksa Pada Layar Monitor :

a. Adapun langkah pertama untuk memeriksa terlebuh dahulu peyebab penyakit komputer anda yang mati total atau blank adalah dengan memeriksa terlebih dahulu layar monitor komputer anda. Mungkin saja bisa jadi penyebab komputer anda yang menyebabkan komputer anda menjadi blank karena memang monitornya yang mati bukan karena komputer yang mati total.

b. Pada kondisi komputer yang mengalami mati total atau blank, silahkan anda cek telebih dahulu pada lampu indikator monitor komputer anda apakah menyala, dan coba cabut kabel VGA Monitor, apabila tampilan monitor menjadi normal dengan menampilkan gambar atau pesan seperti misalnya “No Signal Detected” maka kerusakan memang benar terdapat pada komputer.

2. Pastikan Power Supply Berfungsi dengan baik : Apabila langkah pertama sudah anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa PSU atau power Supply komputer anda, maka silahkan buka casing CPU kemudian nyalakan kembali komputer dengan menekan tombol power dan perhatikan apakah lampu indikator pada motherboard menyala dan fan Processor berputar apa tidak. Jika apabila komputer masih bisa menyala maka kemungkinan besar Power Supply anda masih dalam kondisi yang baik yakni karena power supply tersebut masih bisa berfungsi dengan baik, akan tetapi jika kondisinya berbeda, yakni apabila CPU masih tetap tidak menampilkan tanda-tanda kehidupan pada komputer anda, maka silahkan lakukan pengecekan terhadap Power Supply anda tersebut.

3. Reset BIOS Komputer : Langkah selanjutnya untuk menge-cek/mendiagnsa kerusakan komputer mati total atau blank adalah denga cara maintenence pada BIOS komputer anda. Caranya dalah dengan cara mereset BIOS komputer.

4. Bersihkan Semua Komponen pada Motherboard : Jika masih dirakan diperlukan lankah selanjutnya adalah membersihkan komponen pada motherboard anda. Caranya adalah cabut terlebih dahulu semua komponen seperti Processor, Memory dan sound Card, Vga card dan add-on card tambahan lainnya. Selanjutnya bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan kuas dan vacuum cleaner. Kalo ada gunakan juga cairan pembersih “electrical contact cleaner” untuk lebih membersihkan debu-debu yang menempel pada pin-pin IC atau komponen elektronik pada komponen – komponen tersebut.

Baca juga :  Manfaat Bersepeda

5. Rakit kembali CPU tanpa Hardisk : Setelah semua komponen dibersihkan seperti pada langkah 4, rakit kembali semuanya tetapi untuk hardisk jangan dulu dipasang. Selanjutnya nyalakan komputer, disini biasanya ada beberapa hal yang akan terjadi seperti:

a. Komputer menyala normal (bisa masuk BIOS) tetapi tidak bisa booting. Hal ini ga masalah karena hardisk memang ga dipasang. Matikan dan pasang hardisk kemudian nyalakan lagi, apabila berhasil booting berarti permasalahan sudah hampir selesai. komputer mengeluarkan bunyi beep berkali-kali. Biasanya ada komponen seperti RAM dan VGA Card yang bermasalah, untuk memastikan coba diganti aja dulu dengan komponen yang sudah ketauan masih berfungsi dengan baik.

b. RAM dan VGA Card sudah diganti tetapi komputer masih tetap blank. Wah ini gawat biasanya kerusakan terjadi pada bagian Motherboard atau Processornya. Menurut pengalaman saya kebanyakan bagian Motherboard yang rusak (kata temen saya kebanyakan pada transistor power) hal ini terjadi misalnya karena power listrik PLN yang tidak stabil. Kalo ada Processor yang nganggur pinjem aja dulu untuk memastikan kerusakan.

Demikianlah cara sederhana memperbaiki/diagnosa kerusakan komputer yang mengalami mati total atau blank. saya tunggu sharing tentang Cara sederhana Memperbaiki Kerusakan Komputer Mati Total atau Blank dari kawan-kawan sekalian. Terima kasih, selamat beraktifitas semoga Tuhan YME selalu membimbing kita ke jalan yang diridhoi.(Prd/Cen).

7 thoughts on “CARA SEDERHANA MEMPERBAIKI KERUSAKAN KOMPUTER MATI TOTAL ATAU BLANK

  1. Terima kasih telah share tentang Memperbaiki Kerusakan Komputer Mati Total atau Blank..karena sedikit banyaknya kita sdh terbantu dengan pengalaman seperti ini..mudah2an masih banyak yang menshare artikel yang dapat menambah pengetahuan kita..trima kasih banyak sukses selalu kepada kita semua…aminn…NKRI HARGA MATI

  2. mohon bntuannya gan laptop saya acer extenza 4630z saya intal bios tiba” mati lampu sebelum selesai setelah saya nyalakan kembali nyala tpi cma kpas aj yg berputar tak ada tanda” lain

  3. komputer saya mati ketika ditekan tombol power kipas di CPU cuman gerak sedikit dan ketika di cabut kabel power yang 4 kuning dan hitam dan di hidupkan kembali kipas berputar namun seperti kurang daya , .. dan komputer hidup tanpa menampilkan apa2 tolong solusinya …

  4. Dari ke 5 langkah diatas ternyata yang saya alami adalah pada bagian kabel power supply. Hehe.. Terimakasih pak solusi nya

Leave a Reply

*

Top