You are here
Home > Dari Media Lain > Cepos : Empat Pesawat Tempur Sukhoi Akan Dikenalkan ke Masyarakat

Cepos : Empat Pesawat Tempur Sukhoi Akan Dikenalkan ke Masyarakat

Danlanud Jayapura: Pesawat Tempur Sukhoi Akan Berada di Papua Selama 10 hari

SENTANI- Empat pesawat tempur Sukhoi milik TNI AU tiba di tanah papua, TNI AU dalam hal ini Lanud Jayapura akan memperkenalkan kekuatan alat tempur Indonesia dalam menghadapi ancaman dari Negara luar.

Komandan Lanud Jayapura, Kolenel PNB I Made Susila A menjelaskan, pesawat tempur Sukhoi ini akan berada di Papua selama 10 hari sampai tanggal 18 Mei mendatang. Dimana aktivitas yang akan dilakukan pertama adalah operasi pengamanan wilayah perbatasan, yang disebut sebagai operasi maleo yang ditugaskan di wilayah timur.

“Kedua kita memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum, kita punya pesawat tempur yang canggih. Sehingga mereka tahu keberadaan TNI AU dengan keberadaannya bisa sampai ke pelosok, seperti di wilayah bagiaji timur yaitu kita di Papua. Yang mana saat ini ada empat pesawat sukhoi dengan penerbangnya berjumlah 8 orang,” katanya.

Saat ini sudah ada beberapa sekolah yang menyatakan siap untuk mengunjungi Base Ops Lanud Jayapura tempat pesawat sukhoi ini parkir. Namun diharapkan kepada masyarakat silahkan datang ke Base Ops, untuk melihat langsung pesawat tempur ini dengan didampingi para penerbangnya.

“Ini merupakan asset Negara, asset bangsa, milik rakyat Indonesia terlebih masyarakat Papua. Nanti masyarakat akan diperkenalkan dengan kehebatan pesawat ini, atau bagaimana cara menjadi penerbang. Itu bisa dilakukan masyarakat untuk bertanya langsung kepada penerbangnya,” tuturnya.

Baca juga :  Dinas Tanaman Pangan (DTP) Papua dan TNI Kerja Sama Cetak Sawah

Bahkan menurut I Made, mudah-mudahan dengan hadirnya pesawat ini bisa memberikan motivasi kepada para pelajar atau anak-anak muda untuk menjadi penerbang, apalagi penerbang dari Papua baru ada saru orang, sehingga diharapkan semakin banyak penerbang berasal dari Papua yang bisa menjadi kebanggaan bangsa ini.

Sementara itu Komandan Skardon 11 Makassar, Letkol PNB Vincentius Endy, mengatakan bahwa kedatangan empat pesawat sukhoi ini merupakan perintah dari panglima TNI AU yang ditugaskan untuk melakukan pengamanan di wilayah perbatasan dan juga melindungi wilayah Timur RI.

“Harapan kami dari masyarakat, untuk membuktikan bahwa Negara kita memperhatikan wilayah Timur. Apalagi dengan kehadiran pesawat sukhoi yang saat ini disegani dari Negara tetangga, sudah menunjukkan pemerintah peduli terhadap wilayah Timur. Sebab kalau ada pelanggaran khususnya di wilayah Timur, maka pesawat sukhoi ini yang berada digaris terdepan,” ungkap Endy yang memimpin operasi tersebut. (ro/wen)

Sumber: Koran Cenderawasih Pos Halaman 14

Leave a Reply

*

Top