You are here
Home > Dari Media Lain > Cepos : JCC Laksanakan Gowes Dari Polda Papua Ke Perbatasan RI-PNG

Cepos : JCC Laksanakan Gowes Dari Polda Papua Ke Perbatasan RI-PNG

JAYAPURA – JCC (Jayapura Cycling Club) turut memeriahkan HUT Kota Jayapura yang ke-105, dengan melaksanakan gowes longtrip mulai dari Polda Papua sampai Perbatasan RI-PNG, Minggu (8/3).

Selain melaksanakan Gowes RI-PNG, para pecinta sepeda ini juga memberikan
bantuan sembako kepada Pos TNI-AD dan Pos Polri yang berada di perbatasansebagai
bentuk kepedulian kepada aparat yang senantiasa menjaga keamanan di daerah perbatasan
RI-PNG.

Iptu Agus Tianto selaku Ketua JCC mengatakan, “keberhasilan pelaksanaan gowes long trip tidak terlepas dari persiapan-persiapan, antara lain persiapan fisik, rute, angkutan, konsumsi, dokumentasi, pengawalan, tenaga kesehatan, koordinasi dengan aparat keamanan, peralatan sepeda, spanduk dan Iain-lain, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari CV Sumber Makmur”.

“Gowes longtrip dari Mapolda Papua ke Perbatasan RI-PNG ini, selain turut memeriahkan HUT Kota Jayapura, juga mensosialisasikan olah raga bersepeda kepada masyarakat Kota Jayapura, serta menunjukkan bahwa medan rute gowes di Kota Jayapura ini sangat cocok untuk melakukan olah raga bersepeda” ungkap Perwira Ditreskrimsus Polda Papua.

Terbentuknya komunitas JCC di bawah pembinaan Kombes Pol I Wayan Sudana (Kabidkeu Polda Papua) ini, menurut Iptu Agus Tianto memiliki sejarah yang unik, yakni ide ini muncul dari dirinya yang memang memiliki hobi olah raga bersepeda yaitu pada Januari 2013 lalu, sejak pindah tugas dari Polres Sarmi ke Ditreskrimsus Polda Papua. “Saat itu saya selalu memberhentikan setiap orang yang bersepeda di jalan dan mengajak mereka agar gowes bersama tiap Hari Minggu dan berkumpul di Mapolda Papua” tuturnya.

Diakuinya, hingga saat ini total anggota JCC mencapai 114 orang yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat di Kota Jayapura mulai dari Para pejabat Polda Papua, anggota POLRI, TNI-AD, TNI-AL, PNS, petugas kesehatan, perbankan, wiraswasta dan pemuda-pemudi serta masyarakat lainnya.

Mengingat dalam melaksanakan kegiatan gowes setiap Minggunya JCC berkumpul di Mapolda Papua, maka hal ini juga berdampak positif pada masyarakat untuk menciptakan image bahwa Mapolda Papua adalah milik masyarakat, yang bisa digunakan untuk hal-hal positif, sehingga masyarakat tidak perlu takut dan tegang bila memasuki Markas Kepolisian. Rute yang pernah ditempuh oleh JCC antara lain, telah menaklukkan seluruh tanjakan di Jayapura (puncak pemancar TVRI, Angkasa, Tugu Mac Arthur, Puncak Merah Putih Bhayangkara, Kodam XVII/Cenderawasih, Jalan Baru Entrop-Waena, Buper Waena dan Iain-lain), Mapolda Papua-Kampung Sosiri Sentani, Mapolda Papua-Dosai, Mapolda Papua-Mapolres Keerom dan Mapolda Papua-Perbatasan PNG.

Baca juga :  RS Marthen Indey Sukses Operasi Pasien TBC Tulang Belakang

Bersepeda kata Iptu Agus Tianto sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat yang diperoleh dengan bersepeda dari segi kesehatan yaitu dapat mencegah penyakit jantung koroner, menurunkan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol dan asam urat dalam darah.

Sedangkan dari segi lingkungan, bersepeda dapat mengurangi kemacetan, mengurangi polusi udara dan mengenalkan wisata disekitar Kota Jayapura. Termasuk manfaat lain yaitu bersepeda bersama dapat mempererat tali silaturahmi berbagai macam suku dan lapisan masyarakat di Kota Jayapura

“Pergi kepasar naik sepeda, jangan lupa pakai sepatu. Walaupun kita berbeda-beda namun selalu tetap Bersatu”. Maka tunggu apalagi, ayoooo… ambil dan kayuhlah sepedamu gabung gowes bersama JCC di Polda Papua”, tandasnya.(Cepos)

Prajurit TNI-AD yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut :

Saat berada di Pos TNI Pamtas RI-PNG
Saat berada di Pos TNI Pamtas RI-PNG
Sertu Hajir & Serka Prayitno (TNI-AD)
Sertu Hajir & Serka Prayitno (TNI-AD)
Serda Heri & Sertu Angga Yudistira (TNI-AD)
Serda Heri & Sertu Angga Yudistira (TNI-AD)
Sertu Heriyadi & Serda Rudy (TNI-AD)
Sertu Heriyadi & Serda Rudy (TNI-AD)


Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top