You are here
Home > Tulisan > Umum > Cerdas…!!! Inilah Tips Supaya Tidak Menjadi Korban HOAX…

Cerdas…!!! Inilah Tips Supaya Tidak Menjadi Korban HOAX…

Hoax adalah sebuah pemberitaan yang mengandung informasi palsu atau tidak sesuai dengan fakta, HOAX juga merupakan usaha seseorang, instansi ataupun organisasi untuk menipu atau mengakali pembaca atau pendengar untuk mempercayai sesuatu ataupun merubah pandangan dan pikiran mereka.

Di saat tekhnologi informasi sangat berkembang seperti sekarang ini, semua orang bisa mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat dengan adanya fasilitas seperti internet dengan berbagai Media Sosialnya untuk dapat mencari berita terkini dan perkembangan dunia.

Namun terlepas dari itu semua, ada juga individu/sekompok orang yang justeru memanfatkan teknologi informasi ini dengan melakukan hal-hal yang negatif dan merusak seperti membuat berita bohong atau hoax.

Memang berita hoax akan lebih cepat menyebar luas dan cepat menjadi viral trending di dunia maya dibandingkan dengan berita yang berupa fakta. Dengan banyaknya kejadian seperti ini membuat kebanyakan orang mengeluh dan sangat mengkhawatirkan berita-berita hoax menjadi tidak terkontrol.

Apa sebenarnya tujuan mereka untuk menyebarkan dan membuat informasi hoax dan bagaimana tips mangatasi dan menyikapi penyebaran serta terhindar dari berita hoax..??

Berikut beberapa tips untuk menghindar dari HOAX…

* Sumber Informasi

Pastikan sumber informasi yang kita baca adalah media yang bisa dipercaya. Masuk ke website tersebut dan lihat susunan redaksi dan pastikan memiliki reputasi yang baik.

* Jangan Hanya Baca Judul

Kadang yang ada di judul berbeda dengan isi informasinya. Kalau informasinya tidak jelas dikatakan oleh siapa, tanpa kutipan dan tidak ditulis dengan baik, kemungkinan informasi tersebut hoax.

Baca juga :  Pendidikan Kami Tak Kalah Bergengsi dari Sarjana !!!

* Siapa Penulisnya

Media online yang bisa dipercaya biasanya mencantumkan nama penulis bahkan akun medsos dan emailnya. Cari tahu siapa si penulis, latar belakang dan bagaimana perilakunya di medsos.

* Siapa Narasumbernya

Jika informasi tersebut mengutip sebuah nama dan jabatan, kita bisa browsing untuk memastikan apakah nama itu benar dan masih menjabat. Informasi hoax biasanya asal dalam menyebutkan identitas narasumber.

* Lihat Tanggalnya

Kadang sebuah informasi lama kembali viral.

* Browsing

Cari sumber lain yang bisa memastikan kalau informasi itu memang benar adanya.

* Jangan Mudah Terpengaruh

Sebelum berkomentar coba pertimbangkan apakah informasi itu masuk akal? Sebelum share pertimbangkan, apakah informasi tersebut benar-benar bermanfaat?

Sebagai pengguna media informasi, kita harusnya cerdas dan pintar dalam memilih jenis berita dan informasi yang hendak dibaca dan didengarkan. Oleh karena itu Bijaklah dalam memilah-milah berita, jadilah penebar kebaikan untuk kedamaian. Jangan biarkan kita jadi korban bahkan penyebar berita palsu, dan mulai dari sekarang katakan “perang  dengan HOAX”..!!!!!!!

Leave a Reply

*

Top