You are here
Home > Tulisan > Rohani > Dahsyatnya Kekuatan Dzikir

Dahsyatnya Kekuatan Dzikir

Kehidupan manusia tidak pernah lepas dari masalah atau cobaan. Entah itu , masalah pekerjaan, masalah keuangan, masalah rumah tangga, dan masalah-masalah sosial lainnya. Saat satu masalah usai, maka masalah yang lain akan datang menghampiri kita, seolah-olah hidup hanya untuk menanggung masalah.

Saat kita mendapatkan masalah atau musibah, Banyak orang yang bisa mengatasi semua masalahnya dengan baik, tapi tak sedikit pula yang mengeluh karena masalahnya tak kunjung selesai. Apakah anda juga sedang mengalami masalah? Bagaimana cara anda keluar dari masalah-masalah tersebut?

Barangkali selama ini kita lupa akan kekuatan dzikir yang sangat besar!

Dzikir adalah ibadah yang paling ringan dan sangat mulia. Ibarat sebuah bangunan, dzikir adalah pondasinya. Bisa dibayangkan apabila sebuah bangunan tanpa pondasi tentunya akan hancur. Seperti itulah kekuatan dzikir. Begitu pentingnya dzikir, sehingga, tidak ada alasan apapun bagi seorang muslim untuk meninggalkan dzikir.

Seperti yang tertulis di surah Al Ahzab ayat 41-42 dan surah Al Jumu’ah ayat 10

AL AHZAB 41-42

1

Artinya :   41. Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. 42. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

AL JUMU’AH 10

2Artinya :   10. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Manfaat dzikir sudah dibuktikan oleh banyak ilmuwan di berbagai belahan dunia. Berikut ini manfaat dan kekuatan dzikir dalam kehidupan kita:

1.         Mencegah dan mengobati penyakit. Berdasarkan penelitian dari Dr. Francis Keefe, seorang peneliti dari Duke University Medical School, Amerika Serikat, efek dzikir dapat mengatasi nyeri artritis rematik.

2.         Kunci ketenangan jiwa. Dengan berdzikir dapat menghilangkan gelisah dan hati yang gundah gulana dan mendatangkan ketenangan, ketentraman serta kebahagiaan hati.

3.         Mendatangkan rizki.

4.         Mendatangkan ridha Allah.

5.         Semakin dekat dengan Allah.

6.         Melindungi dari marabahaya.

7.         Dzikir akan mengusir setan dan mengekangnya.

8.         Dzikir dapat menghapus dosa dan menyelamatkan manusia dari azab Allah.

Baca juga :  Pentingnya Doa Untuk Kita Manusia

9.         Menerangi hati dan wajah menjadi bersinar.

10.       Dzikir dapat menghindarkan dari sifat munafik dan sifat buruk lainnya.

Dari hadist dan penelitian di atas sudah jelas bahwa, kekuatan dzikir sangat dahsyat bagi kehidupan manusia. Dzikir merupakan salah satu bentuk komitmen keberagamaan seseorang. Dzikir juga merupakan kunci ketenangan jiwa, karena menyadari bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah dan akan kembali pada Allah SWT.

Dengan berdzikir, manusia akan menyadari bahwa ada kekuasaan dari segala yang ada di dunia ini, yaitu Allah SWT. Oleh karena itu, dalam mewujudkan segala yang diinginkan dan diharapkan, manusia membutuhkan pertolongan-Nya.

Dzikir dapat pula berarti berbuat baik atau beramal saleh guna mendekatkan diri kepada Allah SWT sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Rasullullah SAW, misalnya dengan berbakti kepada orang tua, berlaku jujur, melakukan kebaikan dan menghindari kemungkaran.

Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, masih banyak manfaat dari kekuatan dzikir dalam kehidupan kita di dunia maupun di akhirat. Dzikir bisa menjadi cahaya ketika manusia telah berada di alam kubur.

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya tak ada waktu khusus yang perlu dipersiapkan untuk berdzikir. Kita bisa berdzikir dimana saja dan kapan saja, entah itu selesai shalat, saat menjelang tidur, dan sebagainya. Yakinlah, sebanyak atau seberat apapun masalah yang kita hadapi, dengan berdzikir Allah akan menunjukkan jalan keluarnya. Semoga kita dapat mengambil hikmah dan pengetahuan yang bermanfaat serta bernilai ibadah bagi kehidupan sehari-hari kita lewat dzikir. Aamiin.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top