You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Dan SU-35 Pun Akan Nyata Di Depan Mata

Dan SU-35 Pun Akan Nyata Di Depan Mata

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa Sukhoi SU-35 dengan segala teknologinya tersebut memang menjadi mimpi prajurit udaranya. “Semua mimpi personel AU itu memang punya Sukhoi SU-35. Karena itu tercanggih,” ujar Gatot di Base Ops Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (10/9).(kompas.com)

Pesawat Sukhoi Su-35 buatan Rusia memenuhi spesifikasi untuk melengkapi kekuatan alutsista TNI AU. Selain dari alasan spesifikasi, alasan tekhnis seperti perawatan juga telah dipertimbangkan. Teknisi Sukhoi TNI sudah memiliki sehingga apabila pesawat baru yang nanti dibeli adalah Sukhoi maka teknisi akan mudah memahami kinerja dan perawatannya tersebut. Pemilihan pesawat ini juga sebagai peningkatan generasi dari sukhoi yang ada dan telah dimiliki oleh TNI AU yaitu SU-27UB dan SU-30MK2.

Pesawa tempur Sukhoi SU-35 memang tidak murah. Satu unit dibanderol dengan harga sekitar Rp 844 miliar. Namun harga pesawat tempur yang dijuluki `Si Pembunuh Aangkasa` ini jauh lebih murah ketimbang F-16 tipe terbaru buatan Amerika Serikat yang dihargai Rp 2 triliun lebih.(lensaindonesia.com)

SU-35 telah dilengkapi dengan sistem avionik canggih berupa sistem kontrol data digital, stasiun radar baru dengan antena bersusun, peningkatan jangkauan deteksi target, peningkatan jumlah target yang dapat dikunci secara bersamaan, serta mesin baru yang memiliki daya dorong yang lebih besar dan kontrol daya dorong vektor.

Shukoi SU-35 adalah pesawat tempur multiperan yang dirancang oleh Mikhail Simonov, pesawat tersebut memiliki mesin Saturn AL-31, kelas berat, berjelajah panjang, dan bertempat duduk tunggal asal Rusia. Kecepatan pesawat tersebut adalah 2.500 km/h dengan kecepatan jelajah 1.400 km/h, pesawat SU-35 tersebut memiliki jarak tempuh 3.600 km dengan berat 18.400 Kg dan dilengkapi  dengan dua buah tangki bahan bakar.

Baca juga :  Teknologi Tempur Militer Di Indonesia

Sukhoi SU-35 mempunyai batas tertinggi terbang 18.000 m, dengan laju panjat 280 m/s dengan beban sayap 408 kg/m², pesawat bermesin ganda ini dianggap sebagai pesawat generasi ke lima karena kelebihan yang dimilikinya. Bagaimana tidak, pesawat turunan dari SU-27 ini mampu melakukan manuver yang tidak bisa dilakukan oleh pesawat tempur lainnya yakni, berhenti seketika di udara, mampu terbang cepat di ketinggian dan bisa membawa banyak rudal udara ke udara.

Menurut para pakar, SU-35 memiliki karakteristik performa yang lebih baik dibanding jet lain di kelasnya. Selain itu, sistem avionik yang dimiliki SU-35 mampu melakukan misi yang lebih luas. Pesawat ini lebih unggul dibanding semua pesawat tempur taktis generasi keempat dan ke 4 seperti Rafale dan EF 2000, maupun pesawat tempur F-15, F-16, F-18, dan F-35 yang telah dimodernisasi. SU-35 bahkan dapat digunakan untuk menaklukan F-22A.(indonesia.rbth.com)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top