You are here
Home > Wisata Militer > Danau Ginji dan Danau Gita

Danau Ginji dan Danau Gita

Sahabat Wismil yang setia, mari kita tengok wisata yang berada diwilayah Kabupaten Manokwari Papua Barat. Tempat wisata ini berjarak sekitar 150 km dari pusat kota Manokwari dimana terdapat pegunungan yang dinamakan Arfak. Pegunungan Afrak adalah sebuah kawasan cagar alam dengan luas mencapai 68.325 Ha, dengan ketinggian mencapai 2.940 meter di atas permukaan air laut.

Untuk mencapai ke pegunungan tersebut sahabat wismil bisa menempuh dengan menggunakan kendaraan 4×4 WD. Dimana dalam perjalanan ini akan membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam tergantung pada cuaca, mengingat kondisi jalan yang relatif kurang baik. Selain itu sahabat wismil bisa menggunakan pesawat terbang jenis Twin Oter dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari bandara Rendani, Manokwari.

Dalam pegunungan Arfak ini terdapat Danau Ginji dan Danau Gita yang terletak di gugusan pegunungan Arfak. Cagar alam pegunungan Arfak sampi kini masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap mulai dari kehidupan flora-fauna termasuk ribuan jenis tumbuhan anggrek. Selain itu juga terdapat legenda ikan Houn (sejenis belut) di dua danau yang diapit oleh sebuah perbukitan firdaus bernama bukit Kobrey.

Sudah sekian banyak peneliti mancanegara mendatangai tempat-tempat ini namun tidak membawa hasil penelitian yang maksimal oleh karena keterbatasan waktu berkunjung. Umumnya, para peneliti hanya memiliki 1-2 minggu saja di pegunungan arfak, sehingga untuk penelitian lebih lanjut memerlukan waktu yang cukup panjang.  Mengingat tempatnya yang jauh tidak cukup untuk mengetahui misteri-misteri yang tersimpan secara rapi di pegunungan Arfak itu.

Untuk mencapai Danau Gita para sahabat wismil harus melakukan perjalanan menurun dan memutari lembah di bawah Danau Ginji. Kedua danau ini merupakan tangkapan air bagi dan cadangan air bagi masyarakat Manokwari yang merupakan lumbung Protein bagi masyarakat di sekitar danau dengan berbagai jenis ikan yang ada didalamnya.

Masyarakat disekitar danau Anggi mempercayai bahwa dua buah danau ini terbentuk dari sepasang manusia yang pernah hidup di pegunungan Arfak. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah gunung yang menjulang tinggi. Anehnya, kedua danau ini memiliki warna yang berbeda satu dengan yang lainnya. Danau Ginji memiliki warna kehitam-hitaman pada permukaan airnya sedangkan Danau Gita relatif biru pada permukaan airnya. Semua itu disebabkan oleh bias lereng dan kondisi langit atau karena disebabkan oleh jenis plankton yang berada di danau tersebut.

Menurut data pemerintah kabupaten Manokwari, pegunungan Arfak memiiliki 110 jenis mamalia, 333 jenis burung yang beberapa jenis merupakan endemik pegunugan Arfak. Salah satunya adalah burung Namdur Polos (Bowerd Bird). Burung ini dinamai burung Mbrecew oleh suku Arfak Moley, yang berarti pintar atau pandai berkicau, dimana kicauannya bisa menirukan suara-suara lain dan bunyi apa saja. Burung ini juga mampu membuat sarang (bower) dari dedaunan, rumput kering dan tangkai anggrek hutan yang dibuat menyerupai rumah dan meletakkannya di atas pohon maupun di tanah.

Baca juga :  ANTARA HONGKONG DAN JAYAPURA

Keunikan lain yaitu, masyarakat di sekitar danau adalah memiliki bentuk rumah adat yang disebut rumah kaki seribu, dimana struktur rumah terbuat dari kayu-kayu kecil yang disusun sedemikian rupa. Rumah ini beratap pelana yang terbuat dari rubia walaupun sekarang sudah banyak yang menggunakan atap seng. Struktur rumah ini mempunyai penopang dari kayu yang berjumlah sangat banyak. Kemungkinan dari struktur tapak inilah rumah tersebut dinamakan Rumah Kaki Seribu.

Tidaklah heran jika sejumlah ahli yang pernah datang meneliti di kawasan ini menyatakan bahwa sejarah telah mencatat pegunungan Arfak mempunyai arti penting bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan di masa mendatang dan sangat layak dijadikan perpustakaan data genetik yang bisa diolah untuk aneka jenis obat dan ramuan tradisional. Data etno-botani menyebutkan cagar alam pegununganArfak juga kaya akan aneka jenis tumbuhan yang bisa diolah menjadi obat bius, namun sampai saat ini masih belum dimanfaatkan secara optimal.

Masih tersimpan banyak keunikan dan keindahan lainnya yang bisa kita dapatkan dan dapat kita bahas di kawasan pegunungan Arfak. Keindahan Papua adalah mencerminkan kesejahteraan dan keindahan serta kehidupan masyarakat Papua.

Untuk lebih lanjut, silahkan para sahabat wismil berkunjung ke Danau Ginji dan Danau Gita, agar lebih puas untuk menikmati keindahan dan keanekaragaman flora dan fauna disana. Selamat berlibur semoga informasi isi bisa memudahkan para sahabat wismil untuk berkunjung dan berlibur disana.

Rumah Masyarakat disekelililng dana anggi
Rumah Masyarakat disekelililng danau anggi
Fauna yang terdapat di sekitaran danau
Fauna yang terdapat di sekitaran danau
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

One thought on “Danau Ginji dan Danau Gita

  1. tingkatkan dan lestarikan flora dan fauna yang ada bumi cenderwasih ini dengan baik.
    saya sebagai putra daerah saya merasa peduli terhadap budaya lingkungan yang begitu penuh dengan keanekaragaman lingkungan yaitu lingkungan basa ,lingkungan kering dan li8ngkungan lembap.
    saya siap kerja sama dengan lembaga cenderawasih.

Leave a Reply

*

Top