You are here
Home > Wisata Militer > Danau Paniai

Danau Paniai

Danau Paniai merupakan salah satu tujuan wisata di wilayah kabupaten Paniai secara administratif terletak di Distrik Paniai Timur, selain danau Sentani, dan berbagai macam pantai seperti Pantai Hamadi dan Pantai Tablanusu, danau Paniai memiliki panorama yang alami dan dirawat dengan baik, untuk menuju lokasi danau, pengunjung bisa menggunakan pesawat jenis Cessna yang bisa mendarat di dataran tinggi dan landasan tanah, karena lokasi mempunyai jalan yang berbelok – belok serta menanjak. Meski demikian, keindahan danau Paniai diakui oleh 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi danau sedunia yang diadakan pada tahun 2007.

Danau Paniai meiliki luas 14.500 hektare yang berada diketinggian 1.700 meter dari permukaan laut sehingga danau ini memiliki udara yang terasa sejuk dan mempunyai pemandangan yang bagus, yang cukup untuk memberi ruang kepada wisatawan untuk memilih lokasi yang sesuai dengan keinginannya ketika berekreasi ke danau tersebut. Terdapatnya bebatuan dan pasir di tepian danau, serta dikelilingi oleh tebing-tebing yang lumayan tinggi, menambah daya tarik objek wisata andalan Kabupaten Paniai ini.

Awal mula danau Paniai ini dan tetangganya yang bernama danau Tigi dan danau Tage dinamakan Wissel Meeren, kenapa dinamakan demikian..? karena danau ini pertamakali ditemukan oleh seorang pilot berkebangsaan Belanda yang tidak sengaja melintasi danau tersebut pada tahun 1938 bernama Meeren, sedangkan kata Wissel Meeren dalam bahasa Belanda sendiri dalah Danau Meeren.

Baca juga :  DANAU SENTANI

Perjalanan yang cukup melelahkan seketika akan terobati dengan melihat keindahan danau Paniai yang mempesona. Lelah tak berarti lagi, sekejap hilang dengan suguhan panorama yang  menyejukkan mata. Disini pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas antara lain, memancing dan menyewa perahu motor untuk mengelilingi danau tersebut.

Danau Paniai juga memiliki berbagai jenis ikan tawar, seperti ikan nila, ikan belut dan ikan mas. Jika pengunjung beruntung akan menjumpai ikan pelangi ynag bernilai ekonomis sangat tinggi karena bentuknya yang indah. Bukan hanya ikan saja, udang juga tak kalah uniknya yang bernama udang selingkuh, kenapa dinamakan demikian, karena udang tersebut memiliki capit yang berukuran besar seperti kepiting yang sedang selingkuh dengan kepiting. Udang jenis ini juga banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung di danau tersebut. (Pp/Cen)

Leave a Reply

*

Top