You are here
Home > Wisata Militer > Danau Paniai

Danau Paniai

Sahabat wismil dalam perjalanan kali ini, kita akan berkunjung ke Danau Paniai yang merupakan danau terbaik dan terindah yang ada di dunia. Danau Paniai memang merupakan danau terbaik sekaligus danau terindah yang ada di dunia, hal tersebut diakui oleh 157 negara-negara pemilik danau di dunia. Danau yang memiliki luas 14.500 Ha ini berada di ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut, selain itu di sekitar danau ini juga tersimpan seni budaya masyarakat setempat.

Lokasi danau ini sendiri berada di Kabupaten Paniai yang berada pada posisi pegunungan tengah di pedalaman Provinsi Papua. Untuk menuju ke danau ini sahabat wismil dapat memulai perjalanan dari Kota Nabire menuju ke Kota Enarotali. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai, yaitu melalui jalur darat menggunakan bus atau melalui jalur udara dengan menyewa pesawat jenis cessna. Tapi saya sarankan untuk menggunakan pesawat cessna, karena dengan begitu sahabat wismil dapat menikmati pemandangan lewat udara yang sangat indah sepanjang perjalanan, bukit-bukit bersusun seakan mengikuti anda sepanjang perjalanan. Namun bagi sahabat wismil yang takut ketinggian bisa menggunkan bus yang juga tidak kalah seru.

Sesampainya di danau ini sahabat wismil langsung di sambut hembusan angin danau yang sangat indah dan sejuk yang seakan membuat anda berada di pulau para dewa, Pemandangan yang cantik khas pulau ujung timur Indonesia mampu membuat anda seakan terhipnotis. Air danau yang biru berkolaborasi dengan sinar matahari menjadi pemandangan yang mampu memanjakan mata anda. tidak mengeherankan bila keindahan danau ini diakui oleh utusan dari 157 negara yang ikut dalam konferensi danau se-dunia yang diadakan pada tahun 2007 lalu di India, Di kawasan danau ini sahabat wismil bisa di manjakan dengan berbagai fasilitas seperti, pemandu wisata, pondok wisata perahu, dan peralatan mancing.

Baca juga :  Keindahan Pantai Bosnik

Meskipun berada diketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki beragam jenis ikan air tawar seperti ikan nila, ikan mujair, ikan mas, ikan belut, ikan sembilan hitam dan bila beruntung sahabat wismil bisa melihat ikan pelangi yang bernilai ekonomis tinggi karena bentuknya yang indah. Selain ikan, yang tak kalah menarik di danau ini adalah terdapatnya jenis udang yang bernama udang selingkuh. Disebut demikian karena udang ini memiliki capit yang berukuran besar seperti kepiting (selingkuh sama kepiting kalee). Sampai sekarang pun udang jenis ini banyak diburu karena merupakan kuliner wajib bagi wisatawan yang berkunjung kesini
Bagi sahabat wismil yang ingin menginap, bisa menyewa rumah-rumah penduduk yang terdapat di sekitar danau yang sangat indah ini atau berkemah di berbagai lokasi kawasan tersebut.

Kendati lokasinya yang jauh dan memakan waktu yang cukup lama, tetapi danau ini memliki kemurnian alam yang masih terjaga keasrianya karna jauh dari pencemaran polusi kota. Untuk itu tidak ada salahnya kita berkunjung ke salah satu danau terbaik yang ada di Indonesia ini.(az/cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top