You are here
Home > Wisata Militer > DANAU SENTANI

DANAU SENTANI

Danau Sentani merupakan salah satu tujuan wisata di Jayapura selain Tugu Mac Arthur, dan berbagai macam pantai seperti Pantai Hamadi, Pantai Base-g, dan Pantai Tablanusu. Anda akan melihat Danau ini jika anda bepergian menuju Jayapura menggunakan pesawat karena letaknya dekat dengan bandara Sentani. Danau Sentani terdapat di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura,  Propinsi Papua. Berada 70 sampai 90 m diatas permukaan laut. Luas danau Sentani sekitar 9.360 ha dengan kedalaman rata rata 24,5 meter.

Danau Sentani berada diantara pegunungan Cyclops dan merupakan danau Vulkanik. Sumber airnya berasal dari 14 sungai besar dan kecil dengan satu muara sungai, Jaifuri Puay. Didanau tersebut juga terdapat hutan rawa seperti di daerah Simporo dan Yoka. Untuk sampai di danau Sentani, wisatawan luar kota Jayapura yang turun di bandara Sentani dapat langsung menggunakan taxi bandara atau kendaraan umum yang menuju daerah Waena. Jika dari daerah sekitar Jayapura sendiri bisa menggunakan bus damri atau jasa angkutan umum lainnya yang menuju Sentani.

Perjalanan yang cukup melelahkan seketika akan terobati dengan melihat keindahan danau Sentani yang mempesona. Lelah tak berarti lagi, sekejap hilang dengan suguhan panorama nan hijau menyejukkan mata. Semangat dan energi semakin bertambah untuk melanjutkan perjalanan menikmati pesona danau menggunakan perahu Boat.

Di Pinggir danau sentani ada kampung yang terkenal dengan penghasil lukisan kulit kayu yaitu Kampung Asei. Kampung ini terkenal sebagai penghasil lukisan kayu alami. Lukisan dilukis dengan menggunakan warna-warna dari bahan alami seperti warna putih, hitam, kuning, hijau dan merah.

Baca juga :  Danau Paniai

Ada beberapa hotel yang letaknya cukup dekat dengan danau tersebut antara lain Hotel Sentani Indah dan Hotel Traveller namun tidak ada Hotel/Resor yang memiliki konsep berada dipinggir danau Sentani sendiri. Potensi ini mungkin belum dilihat oleh banyak orang. Padahal dengan mendirikan hotel atau tempat peristirahatan yang berada di atas danau ini bisa juga menawarkan wisata air lainnya misal banana boat, parasailing, jetski dan lain-lain.

Setiap tahun nya Pemprov Papua pun memiliki festival yang dilaksanakan di danau ini yaitu Festival Danau Sentani (FDS). Festival ini memperkenalkan dan mengangkat budaya Sentani sendiri dan perwakilan masing-masing distrik yang ada di Provinsi Papua. Mereka biasanya membawa hasil seni khas buatan tangan dan mempromosikan potensi wilayah dan hasil alam masing-masing daerah. (hro/cend)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top