You are here
Home > Berita > Dandim 1701/Jayapura dan Kadis Pendidikan Jayapura Akan Perkuat Jiwa Bela Negara Para Pelajar

Dandim 1701/Jayapura dan Kadis Pendidikan Jayapura Akan Perkuat Jiwa Bela Negara Para Pelajar

Jayapura – Dalam rangka menanamkan nilai-nilai rasa cinta tanah air pada generasi muda sejak dini, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf M. Mahbub Junaedi bersama Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura gelar Komsos (komunikasi sosial) di kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura, Senin (20/03).

Melihat kondisi saat ini, rasa cinta tanah air dan nasionalisme generasi muda penerus bangsa semakin meluntur. Untuk meningkatkan kembali rasa cinta tanah air dan nasionalisme terhadap generasi muda penerus bangsa tersebut, Kodim 1701/Jayapura melakukan berbagai cara untuk menumbuhkembangkannya kembali.

Untuk mewujudkannya, salah satunya sekolah adalah tempat yang sangat tepat. Hal ini sebagaimana yang digagas oleh Dandim 1701/Jayapura. Untuk itu, beliau bersama Kepala Dinas P dan P Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa berkerjasama menyelenggarakan komsos.

Menurut Dandim, bahwa rasa cinta tanah air dapat ditanamkan kepada anak sejak usia dini agar nantinya menjadi manusia yang dapat menghargai bangsa dan negaranya. Salah satunya, misalnya dengan upacara sederhana setiap hari senin. Dengan menghormat bendera Merah Putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan mengucapkan Pancasila dalam pelaksanan upacara, dapat menjadi media menumnbuhkembangkan rasa nasionalis para pelajar. Dengan demikian para pelajar akan terbiasa, dari terbiasa akan menjadi hafal, dari hafal akan semakin memahami makna apa yang mereka lakukan. Dan dengan semua itu, maka nilai-nilai yang terkandung dalam lagu Indonesia Raya dan Pancasila serta kibaran Merah Putih, akan semakin tertanam kuat di hati mereka.

Untuk hal tersebut, Dandim mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan upaya bela negara.

Baca juga :  Kodim 1705/Paniai Laksanakan Kegiatan Binkatpuan Babinsa

“Ini adalah salah satu cara untuk mewujudkan bela negara terhadap generasi muda kita”. Ungkap Dandim.

Selain itu, Dandim 1701/Jayapura juga menghimbau kepada Kepala Dinas P dan P Kota Jayapura agar melibatkan anggota Koramil jajaran Kodim 1701/Jayapura dalam pelaksanaan setiap upacara pada hari senin di setiap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Kepala Dinas P dan P Kota Jayapura sangat merespon baik maksud dan tujuan Dandim tersebut. Beliau menyatakan bahwa meningkatkan jiwa bela negara terhadap generasi muda penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban bagi semua anak bangsa untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI.

“Wajib bela negara bagi kalangan generasi muda, sudah menjadi sebuah keharusan,” ungkapnya.

Ditambahkannya pula bahwa saran dan masukan ini akan direalisasikan ke sekolah-sekolah yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura, agar nantinya para generasi muda dapat mengerti, memahami dan mewujudkan bela negara demi keutuhan wilayah NKRI. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top